Hubungan adaptability skills dan kemampuan tpack dengan kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan abad 21 pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro fakultas teknik universitas negeri malang / Dikhi Setia Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan adaptability skills dan kemampuan tpack dengan kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan abad 21 pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro fakultas teknik universitas negeri malang / Dikhi Setia Kurniawan

Kurniawan, Dikhi Setia Kurniawan (2021) Hubungan adaptability skills dan kemampuan tpack dengan kesiapan sebagai guru kejuruan berketerampilan abad 21 pada mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro fakultas teknik universitas negeri malang / Dikhi Setia Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abad 21 berdampak besar pada berbagai bidang salah satunya adalah dunia pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membutuhkan guru yang berketerampilan abad 21 untuk menghadapi tantangan tersebut. Beberapa aspek yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa sebagai calon sebagai guru kejuruan berketerampilan abad 21 adalah adaptability skills dan kemampuan TPACK. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan tingkat X1 (2) mendeskripsikan tingkat X2 (3) mendeskripsikan tingkat Y (4) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dengan Y (5) mengungkap signifikansi dan hubungan X2 dengan Y dan (6) mengungkap signifikansi dan hubungan X1 dan X2 secara simultan dengan Y. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional dan bersifat expost facto. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa S1 PTE UM angkatan 2017 yang sudah menempuh mata kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) sejumlah 84 mahasiswa. Teknik purposive sampling bertipe sampel jenuh digunakan dalam penelitian ini. Variabel X1 X2 dan Y diukur menggunakan instrumen berupa angket. Variabel X1 X2 dan Y memiliki tingkat realibilitas secara berurutan adalah 0 927 0 965 dan 0 956. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi linier ganda analisis uji prasyarat dan analisis sumbangan efektif-relatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) tingkat X1 dalam ketegori sangat tinggi dengan persentase 47 67% (2) tingkat X2 dalam kategori tinggi dengan persntase 51 16% dan (3) tingkat Y dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 52 3% (4) hubungan secara parsial antara X1 dengan Y mempunyai nilai sig. (0 001 lt 0 005) (5) hubungan secara parsial antara X2 dengan Y mempunyai nilai sig (0 00 lt 0 005) (6) hubungan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y mempunyai nilai sig F (0 00 lt 0 005) dengan nilai R sebesar 0 848. Sumbangan efektif X1 sebesar 22 2% dan sumbangan efektif X2 sebesar 49 6%. Sedangkan sumbangan relatif X1 sebesar 30 9% dan sumbangan relatif X2 sebesar 69 1% Kesimpulan dari penelitian adalah (1) tingkat X1 X2 danY dalam kategori sangat tinggi tinggi dan sangat tinggi (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara parsial antara X1 dengan Y dan antara X2 dengan Y dan (3) terdapat hubungan yang possitif dan signifikan secara simultan antara X1 dan X2 dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194755

Actions (login required)

View Item View Item