Pengembangan instrumen phb sikap berbasis php untuk meningkatkan efisiensi prestasi belajar pada siswa program studi tkj smk negeri 7 malang / FAIDATUL KAMILA AZIZ - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen phb sikap berbasis php untuk meningkatkan efisiensi prestasi belajar pada siswa program studi tkj smk negeri 7 malang / FAIDATUL KAMILA AZIZ

Aziz, Faidatul Kamila Aziz (2021) Pengembangan instrumen phb sikap berbasis php untuk meningkatkan efisiensi prestasi belajar pada siswa program studi tkj smk negeri 7 malang / FAIDATUL KAMILA AZIZ. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aziz Faidatul Kamila. 2021. Pengembangan Instrumen PHB Sikap Berbasis PHP Untuk Meningkatkan Efisiensi Prestasi Belajar Pada Siswa Program Studi TKJ SMK Negeri 7 Malang Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. (II) Gres Dyah Kusuma Ningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci PHB Sikap prestasi belajar PHP (Hypertext Preprocessor) Perubahan kurikulum dalam sistem pendidikan di Indonesia sering berubah seiring dengan kemajuan teknologi. Kurikulum pembelajaran yang digunakan saat ini adalah kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2014) menyatakan dalan Permendikbud no. 104 tahun 2014 pasal 1 ayat 1 bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik terdiri dari tiga ranah yaitu kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Pada penelitian ini akan difokuskan pada penilaian sikap. Sikap merupakan suatu deskripsi yang mencakup kepribadian seseorang tentang tingkah laku yang dimiliki dan respon terhadap permasalahan yang terjadi. Manfaat dari penilaian sikap salah satunya adalah guru maupun siswa bisa mendapatkan feedback selama proses belajar mengajar dan bisa melakukan evaluasi. Aspek sikap yang akan dinilai pada penelitian ini adalah Jujur disiplin dan tanggung jawab. Penilaian Hasil Belajar (PHB) merupakan salah satu kegiatan pendidik untuk memberikan apresiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar (PHB) sikap yang akan dikembangkan pada penelitian ini adalah berbasis PHP (Hypertext Preprocessor). Dari hasil observasi yang telah dilakukan di beberapa SMK di Kota Malang proses penilaian hasil belajar sikap sudah menggunakan sistem yang mendukung akan tetapi kurangnya aspek yang mendukung penilaian sikap sehingga sistem perlu dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis design development implementation dan evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah Ahli Media Ahli Instrumen dan Ahli Pengguna yang pada penelitian ini akan diberikan angket untuk melakukan validasi atau uji coba guna menyempurnakan pengembangan instrumen PHB Sikap berbasis PHP. Selanjutnya jika instrumen PHB Sikap sudah dinyatakan layak digunakan maka bisa dilanjutkan ke tahap implementasi. Hasil pada penelitian ini adalah (1) Proses pengembangan instrumen penilaian hasil belajar (PHB) sikap berbasis Hypertext Prepocessor (PHP) di SMK Negeri 7 Malang menggunakan model penelitian ADDIE. (2) Instrumen penilaian hasil belajar (PHB) sikap berbasis Hypertext Prepocessor (PHP) di SMK Negeri 7 Malang layak digunakan berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh Ahli Media dan Ahli pengguna (3) Instrumen penilaian hasil belajar (PHB) sikap berbasis Hypertext Prepocessor (PHP) yang dikembangkan di SMK Negeri 7 Malang memiliki tingkat efisiensi tinggi hal ini diperoleh dari hasil Uji T hasil pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194663

Actions (login required)

View Item View Item