Pengembangan e-module berbasis Electronic Publication (EPUB) dengan kompetensi dasar menerapkan promosi produk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X bidang keahlian bisnis daring dan pemasaran SMK Islam Batu) / Pipit Aji Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis Electronic Publication (EPUB) dengan kompetensi dasar menerapkan promosi produk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X bidang keahlian bisnis daring dan pemasaran SMK Islam Batu) / Pipit Aji Cahyono

Cahyono, Pipit Aji (2020) Pengembangan e-module berbasis Electronic Publication (EPUB) dengan kompetensi dasar menerapkan promosi produk untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X bidang keahlian bisnis daring dan pemasaran SMK Islam Batu) / Pipit Aji Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyono Pipit Aji. 2020. Pengembangan E-module Berbasis Electronic Publication (EPUB) Dengan Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Bidang Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Islam Batu). Skripsi Program Studi Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si. Kata Kunci E-Module Electronic Publication Promosi Produk Hasil Belajar. Penelitian ini mengembangkan Media Pembelajaran E-Module dengan berbasis Electronic Publication (EPUB). Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran marketing kelas X diperoleh informasi bahwa fasilitas penunjang pembelajaran seperti LCD Projector Wifi dan laboratorium komputer sudah tersedia namun belum dipergunakan secara maksimal dalam pembelajaran guru masih sering menggunakan media pembelajaran konvensional seperti alat tulis spidol dan papan tulis. Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran masih berpedoman buku paket dan power point sederhana sebagai media pembeljaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berupa E-Module berbasis Electronic Publication (EPUB) (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dihasilkan melalui proses validasi (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap madia yang telah dihasilkan (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media e-module berbasis electronic publication (EPUB) yaitu kelas X PDB 2 dengan peserta didik yang tidak menggunakan media yaitu kelas X PDB 1 di SMK Islam Batu. Penelitian media e-module ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research amp Development (R amp D). Rancangan penelitian dan pengembangan menggunakan model dari Borg amp Gall dengan sembilan langkah yang telah dimodifikasi. Peneliti menggunakan angket ahli materi ahli media uji coba kelas terbatas dan uji coba lapangan untuk mengetahui kelayakan media e-module berbasis electronic publication (EPUB). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Produk media berupa e-module berbasis electronic Publication. (2) Hasil validasi ahli materi sebesar 100% ahli materi dari guru mata pelajaran menunjukkan hasil sebesar 100% ahli media sebesar 100% uji coba kelas terbatas sebesar 94 44% dan uji coba lapangan sebesar 94 92%. Dengan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-module berbasis electronic publication yang dihasilkan dikatagorikan sangat layak digunakan dan sangat menarik untuk digunakan sebagai sumber belajar (3) Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu dengan presentase 81 42% untuk kelas kontrol dan 90 66 untuk kelas eksperimen. Analisis uji t menunjukkan bahwa thitung gt ttabel dan nilai Sig (2-tailed) lt 0 05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest peserta didik kelas kontrol dengan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 02:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194311

Actions (login required)

View Item View Item