Rahma, Jihan Provisa (2021) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Jihan Provisa Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi di abad yang serba digital membawa pengaruh besar terhadap perubahan dunia sehingga menyebabkan perubahan gaya hidup pada manusia. Salah satu teknologi yang membawa dampak perubahan tersebut ialah penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik untuk melaksanakan fungsi pendidikan di era new normal. Berkaitan dengan hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam proses pembelajaran dengan kondisi yang berbeda. Guru mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel di SMK Muhammadiyah 2 Malang menyatakan bahwa selama pembelajaran daring media yang digunakan adalah power point dengan materi singkat yang diberikan melalui Whatsapp dan masih terdapat kelemahan dalam penggunaannya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media e-learning berbasis moodle pada mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel KD 3.2 Menganalisis Manajemen Bisnis Ritel serta mengetahui kemandirian belajar siswa setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Model penelitian ini menggunakan model Research and Development oleh Borg Gall yang telah dimodifikasi menjadi sembilan langkah yaitu 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba skala kecil 7) revisi produk 8) uji coba lapangan skala besar 9) produk final e-learning berbasis moodle. Produk diujicobakan kepada siswa kelas XI BDP 2 di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Teknik pengumpulan data berupa angket validasi ahli media angket validasi ahli materi angket peserta didik/pengguna dan angket kemandirian belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus deskriptif dengan menggunakan rata-rata yang didapatkan untuk kemudian dikategorikan dalam jenjang kevalidan. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran moodle. Media pembelajaran moodle memiliki berbagai fitur yang dikemas secara menarik serta mudah digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran di era new normal baik secara daring maupun luring. Moodle menyajikan materi yang dilengkapi dengan gambar materi dengan format (doc pdf ppt dan sumber link) link YouTube tugas yang dapat diakses langsung oleh siswa soal pilihan ganda yang hasilnya dapat langsung dilihat serta chat dan forum untuk sarana komunikasi antar siswa dengan guru. Hasil validasi dapat dilihat pada beberapa aspek berikut (1) Hasil validasi ahli media sebesar 90% yang mencapai kriteria sangat valid dan layak (2) Hasil validasi ahli materi sebesar 87 33% yang memperoleh kriteria sangat valid dan layak (3) Hasil uji coba produk skala besar diperoleh presentase sebesar 83 33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-learning berbasis moodle memperoleh kriteria yang sangat baik dan siap digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.Saran warna yang disarankan dalam penelitian selanjutnya diharapkan dapat merancang media pembelajaran dengan konten gambar animasi serta tema yang lebih baik lagi schingga media e-learning berbasis moodle dapat menjadi media pembelajaran yang lebih menarik komponen pendukung materi pembelajaran seperti gambar video dapat ditambah yang lebih menarik lagi agar membangun motivasi siswa lebih lanjut dan diharapkan dapat menjadi media pembelajaran dengan menambah kompetensi dasar atau menambah mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194282 |
Actions (login required)
View Item |