Studi pemahaman konsep siswa pada topik sifat asam basa larutan garam: studi di Kabupaten Malang / Bernada Uni Tatya Akmal - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman konsep siswa pada topik sifat asam basa larutan garam: studi di Kabupaten Malang / Bernada Uni Tatya Akmal

Akmal, Bernada Uni Tatya (2021) Studi pemahaman konsep siswa pada topik sifat asam basa larutan garam: studi di Kabupaten Malang / Bernada Uni Tatya Akmal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman saintifik dan miskonsepsi yang di alami siswa SMA di Kabupaten Malang terhadap topik sifat asam basa larutan garam. Pemahaman mengenai sifat asam basa larutan garam merupakan konsep inti dan penting sebagai tolak ukur dalam pemahaman seluruh konsep hidrolisis garam. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah 73 siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik tes melalui google form dengan instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik four-tier topik sifat asam basa larutan garam yang berjumlah 26 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan (1) pemahaman konsep saintifik siswa SMA di Kabupaten Malang pada topik sifat asam basa larutan garam tergolong pemahaman rendah dengan persentase 61 54% dan CRI rata-rata 3 13. (2) Miskonsepsi dengan tingkat rendah ditemukan pada seluruh subtopik antara lain larutan garam bersifat asam 16 21% larutan garam bersifat basa 12 21% larutan garam bersifat netral 14 91% dan sifat larutan garam yang terhidrolisis total 19 77%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194168

Actions (login required)

View Item View Item