Oktavia, Neva Bella (2021) Pengembangan m-learning materi listrik statis dilengkapi video tutorial dan constructive feedback untuk siswa SMA/MA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan m-learning materi listrik statis dilengkapi video tutorial dan constructive feedback untuk siswa SMA/MA. Pengembangan m-learning menggunakan model 4D (Define Design Develop dan Disseminate) tetapi tahap Disseminate tidak dilakukan. Uji kevalidan produk dilakukan tim ahli media dan materi (satu dosen Fisika FMIPA UM dan dua guru fisika di SMAN 2 Pangkalan Bun) yang meliputi aspek isi konstruk (kebahasaan dan penyajian) dan kekhasan produk (m-learning video tutorial dan constructive feedback). Sedangkan uji kepraktisan produk dilakukan oleh 29 siswa kelas XII MIPA 4 SMAN 2 Pangakalan Bun. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penilaian Skala Likert untuk angket validasi dan Skala Guttman untuk angket kepraktisan. Teknik analisis data kuantitaif menggunakan rata-rata dan persentase dan teknik analisa data kualitatif menggunakan deskripsi penjabaran terkait hasil yang diperoleh. Nilai rata-rata yang diperoleh dari uji kevalidan produk sebesar 4 199 dalam kategori valid sedangkan nilai uji kepraktisan produk sebesar 90% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba terbatas maka dapat disimpulkan bahwa produk m-learning materi listrik statis dilengkapi video tutorial dan constructive feedback layak dan sangat praktis digunakan oleh siswa sebagai sarana pembelajaran mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:55 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/194127 |
Actions (login required)
View Item |