Clarita, Mada (2021) Pengaruh mendengarkan musik rock terhadap hasil belajar pada pembelajaran seni budaya siswa kelas VIII SMP N 24 Malang / Mada Clarita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Clarita Mada. 2021. Pengaruh Mendengarkan Musik Rock Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Seni Budaya Siswa Kelas VIII SMP N 24 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Design Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Robby Hidajat M.Sn (II) Tutut Pristiati S.Sn M.Pd Musik rock dikenal pada pertengahan tahun 1960-an. Salah satu bentuk musik yang paling popular dalam kalangan remaja di Amerika Serikat dan Eropa Barat. Musik rock juga populer di Indonesia pada tahun 1970-an bahkan juga menumbuhkan pemusik- pemusik rock di Indonesia. Popularitas musik rock hingga sekrang juga masih populer bahkan di lingkungan para pelajar di berbagai sekolah demikian juga juga di SMP 24 Malang. Peneliti termotivasi meneliti. Hipotesa sementara bahwa dengan mendengarkan musik rock dimungkinkan dapat memperoleh kemampuan dasar musik pada pembelajaran musik bagi siswa sekolah. Dalam hal ini menggunakan populasi siswa sekolah di SMP 24 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mendengarkan musik rock terhadap hasil belajar pada pembelajaran seni budaya siswa SMP N 24 Malang. Penelitian ini menguji hasil belajar pada pembelajaran seni budaya siswa kelas VIII SMP N 24 Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan eksperimen murni dengan melaksanakan rancangan penelitian dua kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol tidak mendapat perlakuan dan hanya mengerjakan tugas dari peneliti sedangkan kelompok eksperimen mendapat perlakuan mendengarkan musik rock sebelum dan setelah mendengarkan. Penelitian ini menggunakan rumus uji korelasi Pearson Momment dan uji t untuk menganalisis datanya. Populasi yang terdapat pada penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 92. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner yang terdiri dari 7 pertanyaan tentang musik rock dan 6 pertanyaan tentang hasil belajar seni budaya yang dibagikan dalam bentuk link google form. Hasil perhitungan uji t hitung -6 026. Jika taraf signifikannya 0 05 maka besarnya angka batas hipotesis alternatif adalah 0 000. Ternyata t hitung berada di bawah nilai hipotesis alternatif sehingga hipotesis alternatif diterima. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang belajar sambil mendengarkan musik lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mendengarkan musik. Hasil dari nilai rata- rata siswa yang mendengarkan musik rock lebih tinggi 13 3% hingga 48 3% dari kelas yang tidak mendengarkan musik. Kesimpulan Pengaruh yang signifikan mendengarkan musik rock untuk siswa yang mendengarkan musik rock dibanding dengan siswa yang tidak mendengar musik rock. Bagi siswa yang mendengarkan musik rock dinyatakan baik untuk hasil belajar pada pelajaran seni budaya bagi siswa kelas VIII SMPN 24 Malang artinya bahwa sebagian besar siswa yang memahami pembelajaran seni budaya dengan mendengarkan musik rock. Pembukitannya adalah siswa mampu menjawab dengan baik soal-soal seni budaya seperti dasar musik bunyi nada irama dan melodi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193989 |
Actions (login required)
View Item |