Fathonah, Usfathon (2021) Analisis kesulitan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa jerman secara daring selama pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Atas / Usfathon Fathonah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan selama pembelajaran bahasa Jerman secara daring serta cara mengatasi kesulitan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI IPS 1 dan XI Bahasa SMAN 6 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan adalah (1) koneksi internet yang tidak stabil (2) keterbatasan kuota (3) suasana rumah yang tidak kondusif (4) siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan secara daring (5) media pembelajaran kurang variatif dan (6) siswa kesulitan dalam membagi waktu belajar. Cara siswa mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di internet bertanya kepada guru dan teman serta berusaha menemukan solusi secara mandiri seperti mencari tempat yang tenang untuk mengikuti pembelajaran secara daring dan meminta tethering kepada orang tua atau keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat berbagai faktor kesulitan yang dialami siswa selama pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman secara daring baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Siswa telah berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut dan diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan efektivitas dari pembelajaran daring kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193864 |
Actions (login required)
View Item |