Penggunaan buku ajar durus al-lughah karangan as-syaikh abdullah awad abdun dalam pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang / Muhammad Iqbal - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan buku ajar durus al-lughah karangan as-syaikh abdullah awad abdun dalam pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang / Muhammad Iqbal

Iqbal, Muhammad (2021) Penggunaan buku ajar durus al-lughah karangan as-syaikh abdullah awad abdun dalam pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang / Muhammad Iqbal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iqbal Mohammad. 2021. Penggunaan Kitab Durus al-Lughah Karangan as-Syaikh Abdullah Awad Abdun dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing (I) Prof. Drs. Muhaiban. (II) Achmad Tohe M.A. Ph.D. Kata kunci Kitab Durus al-Lughah Pembelajaran Bahasa Arab Pondok Pesantren Daruttauhid Malang. Penelitian ini membahas tentang penggunaan kitab Durus al-Lughah Karangan as-Syaikh Abdullah Awad Abdun dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang. Kitab Durus al- Lughah adalah kitab yang dikarang oleh pendiri Pondok Pesantren Daruttauhid Malang. Hal ini mendorong peneliti untuk membahas penggunaan kitab ini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Durus al-Lughah karangan As-syaikh Abdullah Awad Abdun di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang 2) evaluasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Durus al-Lughah karangan as-Syaikh Abdullah Awad Abdun di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Data kualitatif dalam penelitian ini meliputi penggunaan kitab Durus al-lughah dalam pembelajaran bahasa Arab hasil penggunaan kitab dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan untuk data kuantitatif terkait respon siswa terhadap penggunaan kitab Durus al-Lughah dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab yang diperoleh dari angket. Sumber data penelitian ini adalah guru pembelajaran bahasa Arab dan siswa tamhidi 1 periode 2020. Instrumen penelitian ini adalah (1) pedoman wawancara (2) lembar observasi (3) angket dan (4) dokumentasi. Pengumpulan data diperoleh melalui (1) angket (2) wawancara (3) observasi dan (4) dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data kualitatif penelitian adalah (1) pengumpulan data penelitian yang diperoleh dari penyebaran angket wawancara observasi dan dokumen (2) reduksi data dengan memilih hasil yang relevan (3) penyajian data dengan mendiskripsikan data yang diperoleh dan (4) penarikan simpulan setelah proses penyajian data selesai. Sedangkan data kuantitatif menggunakan teknik statistik sederhana. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Durus al-Lughah karangan As-syaikh Abdullah Awad Abdun di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang sebagai berikut. a) langkah pembelajaran terdiri atas penyampaian mufradat penerapan hafalan dan penugasan b) guru menggunakan metode mubasyarah dan variasi metode sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran c) variasi metode pembelajaran terdiri dari metode drill metode ceramah metode hafalan dan metode resitasi d) Guru juga memanfaatkan kitab Amtsilah at-Tashrifiyyah dan Qism Lughah al- lsquo Arabiyyah dalam proses pembelajaran e) Guru mampu memanfaatkan waktu dengan baik sehingga pembelajaran berlangsung efektif. (2) evaluasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan kitab Durus al-Lughah karangan as-Syaikh Abdullah Awad Abdun di Pondok Pesantren Daruttauhid Malang sebagai berikut. a) evaluasi dilaksanakan pada setiap akhir pertemuan setiap satu materi terselesaikan setiap bulan dan pada akhir program pembelajaran b) evaluasi dilaksanakan dalam bentuk tes lisan tes tulis dan tes campuran c) keunggulan penggunaan kitab Durus al-Lughah karangan As-syaikh Abdullah Awad Abdun dalam pembelajaran bahasa Arab adalah peningkatan kemampuan berbahasa siswa dan mufradat yang tersaji berhubungan dengan aktivitas seherari-hari dan mudah untuk dihafalkan d) kekurangan penggunaan kitab Durus al-Lughah karangan As-syaikh Abdullah Awad Abdun dalam pembelajaran bahasa Arab adalah perbedaan kemampuan individu siswa mufradat yang disajikan kurang lengkap dan respon siswa selama pembelajaran e) guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang kurang aktif ketika pembelajaran berlangsungm dan memberikan latihan membaca huruf Arab diluar kegiatan pembelajaran formal sebagai bentuk solusi pembelajaran f) persentase komulatif angket siswa menghasilkan rerata sebesar 92 6% dan mununjukkan bahwa siswa setuju dengan penggunaan Kitab Durus al-Lughah karangan As-syaikh Abdullah Awad Abdun dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Selanjutnya bagi (1) peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi penelitian terkait pemanfaatan kitab khususnya kitab berbahasa Arab. Terlebih lagi diharapkan dapat menambahkan dan memperbaiki kekurangan yang ada dalam penelitian ini (2) Pondok Pesantren Daruttauhid Malang dapat mempertimbangkan hasil penelitian ini dalam meningkatkan kualitas kitab Durus al-Lughah dan pembelajaran bahasa Arab (3) pengajar bahasa Arab dapat mempertimbangkan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab sehingga proses pembelajaran menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193827

Actions (login required)

View Item View Item