Pengembangan buku cerita bergambar bina diri "Ayo Jaga Kebersihan Diri" berbasis Task Analysis untuk anak tunagrahita ringan di SLB Cahaya Putih / Kartika Aulia Tamyiz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku cerita bergambar bina diri "Ayo Jaga Kebersihan Diri" berbasis Task Analysis untuk anak tunagrahita ringan di SLB Cahaya Putih / Kartika Aulia Tamyiz

Tamyiz, Kartika Aulia (2021) Pengembangan buku cerita bergambar bina diri "Ayo Jaga Kebersihan Diri" berbasis Task Analysis untuk anak tunagrahita ringan di SLB Cahaya Putih / Kartika Aulia Tamyiz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SLB Cahaya Putih ditemukan permasalahan bahwa anak tunagrahita ringan masih mengalami kesulitan dalam kegiatan merawat diri atau bina diri. Anak tunagrahita ringan di SLB Cahaya Putih masih bergantung pada bantuan guru dan orang tua. Hal tersebut terjadi karena kurangnya media pembelajaran yang dimiliki anak tunagrahita ringan di sekolah. Guru hanya menggunakan instruksi saja saat pembelajaran bina diri. Hal tersebut tidak sejalan dengan karakteristik anak tunagrahita ringan yang mudah lupa atau memiliki kapasitas ingatan yang rendah. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan buku cerita bergambar bina diri ldquo Ayo Jaga Kebersihan Diri rdquo berbasis task analysis untuk anak tunagrahita ringan di SLB Cahaya Putih yang layak. Penelitian dan pengembangan buku cerita bergambar bina diri ini menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Subyek validasi dari penelitian pengembangan ini adalah ahli PLB Ahli Media PLB Ahli Media TEP Pendidik dan Anak Tunagrahita Ringan. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase pada data kuantitatif dan deskriptif pada kualitatif. Hasil dari seluruh validasi digabungkan maka buku cerita bergambar mendapatkan persentase nilai 90 18% yang berarti buku cerita bergambar bina diri ini sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran. Saran penggunaan selain membacakannya pada anak guru bisa memodifikasi penggunaan dengan cara mempraktekan secara terus menerus kegiatan bina diri yang ada di buku. Supaya dengan adanya buku cerita ini kemampuan bina diri anak akan lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193750

Actions (login required)

View Item View Item