Mardianti (2021) Pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan megenal bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita / Mardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mardianti. 2021. Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan 1 Sampai 10 Pada Anak Tunagrahita. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Umi Safiul Ummah S.Pd M.Pd Kata Kunci Tunagrahita Mengenal Bilangan Kantong Bilangan Anak tunagrahita merupakan seseorang yang memiliki kecerdasan dibawah rata-rata anak pada umumnya. Kondisi tersebut mengakibatkan anak mengalami hambatan dalam berpikir mengalami kesulitan dalam belajar termasuk dalam mengenal bilangan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SLB Negeri Batu kelas 2 SDLB tunagrahita terdapat anak yang kesulitan mengenal bilangan 1 sampai 10. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita sebelum diberikan intervensi berupa media kantong bilangan 2) mendeskripsikan kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita setelah diberikan intervensi berupa media kantong bilangan 3) mendeskripsikan pengaruh kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita dengan menggunakan media kantong bilangan. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen Single Subject Research (SSR) desain yang digunakan adalah A-B-A. Subjek dalam peneltiian ini adalah seorang anak tunagrahita kelas 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengetahui kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan kantong bilangan. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil analisis data menunjukkan pada kondisi sebelum diberikan intervensi kemampuan mengenal bilangan anak masuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 76% dan pada saat diberikan intervensi masuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 87.2%. Setelah diberikan intervensi masuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 93.5%. pressentase overlap menunjukkan angka 0% yang menunjukkan bahwa media kantong bilangan berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita. Saran untuk guru diharapkan dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1 sampai 10 pada anak tunagrahita serta membuat anak aktif di kelas. Diharapkan juga untuk mengembangkan media pembelajaran ataupun metode dan strategi pembelajaran salah satunya dengan permainan sehingga proses kegiatan pembelajaran menjadi lebih optimal. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan media kantong bilangan kepada subjek penelitian dengan hambatan dan karekteristik yang berbeda-beda sehingga terdapat banyak keragaman pengetahuan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |