Analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model game-based learning (gbl) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas v sdn pandanwangi 01 / Zahrotul Khusniah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model game-based learning (gbl) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas v sdn pandanwangi 01 / Zahrotul Khusniah

Khusniah, Zahrotul Khusniah (2021) Analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model game-based learning (gbl) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas v sdn pandanwangi 01 / Zahrotul Khusniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Minat juga berpengaruh besar dalam proses belajar siswa. Hal ini dikarenakan dengan adanya minat seseorang akan menyukai dan memperhatikan secara terus menerus terhadap suatu pembelajaran. Untuk membangkitkan minat belajar siswa dibutuhkan model pembelajaran yang menarik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik dan menyenangkan. Pada penelitian ini model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah model Game-Based Learning dengan memanfaatkan 3 jenis aplikasi game belajar yaitu Quizizz Kahoot dan Worldwall. Model pembelajaran ini dipilih karena masih ditemukan siswa yang memiliki minat belajar yang rendah pada muatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara daring. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis ada dan tidaknya peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model Game-based learning (GBL) pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN Pandanwangi. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu mixed methods dengan desain penelitian paralel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan model pre-eksperimental design. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada siswa kelas V yang berjumlah 65 orang dan instrumen wawancara yang diberikan kepada guru kelas V yang berjumlah 2 orang. Data kuantitatif yang diperoleh dari hasil angket minat belajar dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 for Windows. Sedangkan data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara bersama guru kelas dianalisis dengan menggunakan analisis naratif. Adapun hasil uji hipotesis diperoleh bahwa taraf signifikansi (2-tailed) lt 0 05 (0 000 kurang dari 0 05) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan model Game-Based Learning (GBL) di SDN Pandanwangi 01.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193577

Actions (login required)

View Item View Item