Penerapan nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah dasar berbasis islam (studi kasus di sd plus al-kautsar malang) / Nur Cahya Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah dasar berbasis islam (studi kasus di sd plus al-kautsar malang) / Nur Cahya Kusuma

Kusuma, Nur Cahya Kusuma (2021) Penerapan nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah dasar berbasis islam (studi kasus di sd plus al-kautsar malang) / Nur Cahya Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan berbasis nilai adalah kepemimpinan yang berorientasi pada nilai-nilai individu dalam mengarahkan lembaga atau organisasi untuk mencapai tujuan. Nilai-nilai individu yang dimaksud adalah rangkaian prinsip yang dipandang baik bermanfaat dan paling benar menurut keyakinan seseorang atau sekolompok orang. Nilai bukan dimaksudkan untuk memenuhi keinginan manusia melainkan nilai tersebut berfungsi untuk membina dan membimbing manusia agar menjadi lebih luhur dan bermartabat. Nilai-nilai tersebut dapat menjelaskan tujuan serta aksi yang digunakan di dalam proses kepemimpinan. Penelitian ini berfokus pada (1) nilai-nilai kepemimpinan yang dimiliki oleh Kepala Sekolah (2) bentuk penerapan nilai-nilai kepemimpinan dan (3) dampak dari penerapan nilai-nilai kepemimpinan bagi warga sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena hasil penelitian ini berupa kata-kata tertulis yang sesuai dengan lapangan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik wawancara pengamatan dan dokumentasi pada saat proses pengumpulan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus karena mendeskripsikan suatu fenomena yang terdapat di SD Plus Al-Kautsar yaitu penerapan nilai-nilai kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Sekolah Dasar berbasis Islam beserta dampak yang menyertainya. Narasumber dari penelitian ini meliputi Kepala SD Plus Al-Kautsar sebagai informan utama serta jajaran tenaga pendidik pemangku jabatan struktural pada SD Plus Al-Kautsar meliputi (1) Ibu Anik selaku Koordinator Kelas 1 (2) Ibu Noviana selaku Wali Kelas 6C (3)Bapak Didik selaku Kabag Ekstrakurikuler (4) Ibu Esti selaku Kabid Akademik (5) Ibu Mas udah selaku Kabag Kesiswaan (6) Ibu Lidia selaku Kepala Bagian Tata Usaha (7) Ibu Ghonimah selaku Guru Kelas 6A (8) Ibu Nur selaku Wali Kelas 3A (9) Ibu Nikmatul selaku salah satu Guru Kelas (10) Ibu Dewi selaku salah satu Guru Kelas serta (11) Ibu Yuyun selaku Wali Kelas 4B. Penelitian mengenai penerapan nilai-nilai kepemimpinan tersebut menghasilkan gambaran dari upaya kepala sekolah di dalam penggerakan dan pengarahan anggota organisasi (dalam hal ini adalah para tenaga pendidik) untuk mencapai tujuan dapat dilihat pada tata tertib kebijakan serta pembiasaan budaya Islami. Kepala sekolah membuat serta menetapkan kebijakan-kebijakan tersebut dengan diawali oleh kegiatam musyawarah. Kegiatan musyawarah tersebut dilakukan oleh Kepala Sekolah bersama dengan tenaga pendidik terkait yang berwenang di bidang yang bermasalah atau membutuhkan perhatian khusus. Di dalam musyawarah tersebut Kepala Sekolah tidak menetapkan kebijakan secara otoriter akan tetapi Kepala Sekolah meminta pendapat anggota musyawarah yang lain. Anggota musyawarah yang lain memiliki kesadaran bahwa ketetapan yang ada pada akhir musyawarah tersebut adalah bentuk hak prerogatif serta tugas dari Kepala Sekolah sebagai pemimpin lembaga. Penerapan nilai disiplin dapat dilihat pada pengawasan kepala sekolah terkait konsistensi pelaksanaan program sekolah. Nilai toleransi dapat dilihat pada proses musyawarah karena Kepala Sekolah mmenghargai pendapat dari Kabag Tata Usaha serta Kabid Akademik terkait penunjukan kepada tenaga pendidik yang tingkat partisipasinya dirasa masih kurang sehingga pemerataan tingkat partisipasi tenaga pendidik dapat tercapai. Nilai adil yang dapat dilihat pada pemberian reward dan punishment tergantung dari kinerja para tenaga pendidik yang dipimpin oleh Kepala Sekolah. Sedangkan nilai religius dapat dilihat pada pembuatan dan pelaksanaan kegiatan mengaji bersama serta pembiasaan budaya 9S. Dampak yang menjadi hasil dari implementasi dari nilai kepemimpinan adalah perubahan di dalam kesepakatan nilai pembentukan budaya organisasi dan pembentukan kebiasaan individu. Saran peneliti bagi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang agar menjadikan penerapan nilai-nilai kepemimpinan sebagai salah satu rujukan atau fokus dari pembentukan ciri khas budaya organisasi/lembaga pendidikan yang terdapat di dalam wilayah Kota Malang. Kemudian disarankan bagi Kepala Sekolah Dasar se-Kota Malang agar melakukan penambahan pengetahuan atau pelatihan terkait nilai-nilai kepemimpinan yang akan diterapkan serta membuat penyesuaian nilai pemimpin terhadap visi misi serta tujuan sekolah. Disarankan pula bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar menambahkan nilai-nilai kepemimpinan beserta penerapan dan dampaknya terhadap budaya organisasi atau lembaga pendidikan pada referensi mata kuliah kepemimpinan. Penelitian terhadap penerapan nilai-nilai kepemimpinan ini masih belum sempurna sehingga saran dari peneliti bagi peneliti lain adalah melakukan penelitian serupa pada sekolah lain sehingga mendapatkan pengetahuan lebih beragam mengenai penerapan nilai-nilai kepemimpinan terkait beserta dampak yang menyertainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193121

Actions (login required)

View Item View Item