Pengaruh kartu permainan edukasi berbasis mixed reality dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa / Ghina Ufairoh Hanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kartu permainan edukasi berbasis mixed reality dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa / Ghina Ufairoh Hanifah

Hanifah, Ghina Ufairoh (2021) Pengaruh kartu permainan edukasi berbasis mixed reality dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa / Ghina Ufairoh Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka berubah menjadi dilakukan secara daring semenjak adanya pandemi covid-19. Melalui hasil observasi awal ditemukan bahwa orang tua sebagai pengganti guru dirumah kurang memiliki kelemahan dalam penguasaan IT dan materi yang ada sedangkan kemandirian belajar siswa masih kurang sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi pembelajaran. Kelemahan penguasaan IT juga terjadi pada guru sehingga siswa merasa belajar IPS terutama materi sejarah lebih sulit dipahami karena kurangnya variasi media pembelajaran yang diberikan oleh guru selama kegiatan belajar daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh penggunaan kartu permainan edukasi berbasis mixed reality terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa 2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa 3) Interaksi antara kartu permainan edukasi berbasis mixed reality dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa. Rancangan penelitian ini adalah Eksperimen Semu (quasi experimental) dengan bentuk desain Factorial Design. Subjek penelitian ini dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling dan berdasarkan rekomendasi dari guru IPS maka dipilihlah siswa dari kelas VII F yang berjumlah 31 siswa dimana 15 siswa menjadi kelompok kontrol dan 16 siswa menjadi kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa instrument tes berbentuk pilihan ganda dan non tes berbentuk angket kemandirian belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Two Way ANOVA. Dari hasil uji prasyarat diperoleh data yang berdistribusi normal dan homogen. Pengujian Ha(1) menggunakan uji Two Way ANOVA diperoleh signifikansi 0 009 0 05 artinya Ha1 diterima sedangkan Ha0 ditolak. Pengujian Ha(2) menunjukkan signifikansi 0 000 0 05 artinya Ha2 diterima sedangkan H0 ditolak Ha(3) menunjukkan signifikansi 0 598 0 05 artinya Ha3 ditolak sedangkan H0 diterima. Dari hasil pengolahan data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut 1) Terdapat pengaruh kartu permainan edukasi berbasis mixed reality dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa 2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa 3) Terdapat interaksi yang tidak signifikan antara media kartu permainan edukasi berbasis mixed reality dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kronologis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193089

Actions (login required)

View Item View Item