Amalia, Erfa Dinda Amalia (2021) Implementasi kegiatan meronce manik-manik dalam mengoptimalkan keterampilan motorik halus anak tunagrahita selama pembelajaran jarak jauh di slbs bcg idayu / ERFA DINDA AMALIA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anak tunagrahita mengalami permasalahan dalam keterampilan motorik halus. Permasalahan ini dapat memunculkan berbagai problem dalam kehidupan sehari-hari anak tunagrahita. Hal ini disebabkan oleh pentingnya motorik halus dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Di samping itu kebutuhan layanan pendidikan anak tunagrahita mengharuskan suatu program dirancang secara sederhana dan menyenangkan bagi anak. Ditambah keterbatasan pembelajaran dan kegiatan selama pandemi covid-19 yang mengharuskan dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh bagi anak tunagrahita. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian mengenai kegiatan meronce manik-manik untuk mengoptimalkan keterampilan motorik halus anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data berupa implementasi dari kegiatan meronce manik-manik selama pembelajaran jarak jauh bagi tunagrahita pada tingkat SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara tatap muka dilaksanan dengan mewawancarai kepala sekolah dan guru keterampilan SLBS BCG Idayu sebagai ahli yang memahami implementasi tersebut. Sedangkan wawancara tertulis diajukan kepada orang tua dari anak tunagrahita yang mendampingi anak tunagrahita selama pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan dasar kegiatan meronce manik-manik di SLBS BCG Idayu adalah keunikan anak tunagrahita panduan vokasi dan manfaat baik dari kegiatannya. Implementasi kegiatan meronce manik-manik selama pembelajaran tatap muka dan jarak jauh terdiri dari persiapan pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut. Faktor pendukung dan penghambatnya dapat berasal dari internal maupun eksternal siswa. Upaya untuk mengatasinya berupa pengkondisian internal maupun eksternal siswa tunagrahita.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193023 |
Actions (login required)
View Item |