Pengaruh media pembelajaran corong berhitung terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas i di slb autis lab um / Evy Asindi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran corong berhitung terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas i di slb autis lab um / Evy Asindi

Asindi, Evy Asindi (2021) Pengaruh media pembelajaran corong berhitung terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas i di slb autis lab um / Evy Asindi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak autis memiliki hambatan dalam interaksi komunikasi dan perilaku Selain itu anak dengan gangguan autis juga memiliki karakteristik - karakteristik tambahan yaitu gangguan dalam kognisi persepsi sensori motorik afek atau mood tingkah laku agresif dan impulsif serta gangguan tidur dan makan. Dalam kegiatan penjumlahan diperlukan kemampuan nalar dan pemikiran abstrak maupun konseptual. Oleh karena itu salah satu media pembelajaran yang dapat membantu anak autis dalam mempelajari materi penjumlahan adalah media pembelajaran corong berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan siswa autis kelas I di SLB AUTIS LAB UM sebelum diterapkan media pembelajaran corong berhitung. (2) Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan siswa autis kelas I di SLB AUTIS LAB UM setelah diterapkan media pembelajaran corong berhitung. (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran corong berhitung dalam kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa autis kelas I di SLB AUTIS LAB UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Single Subjek Research (SSR) dengan desain A-B-A rsquo . Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah J ( kelas I SD) berjenis kelamin laki-laki. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dengan jenis pengukuran persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan mean level pada kondisi baseline-1 (A1) sebesar 38% meningkat ke kondisi intervensi (B) menjadi 65% dan pada kondisi baseline-2 (A2) sebesar 76%. Dengan hasil perhitungan overlap kondisi baseline-1 (A1) ke kondisi intervensi (B) sebesar 0% yang berarti tidak ada data yang tumpang tindih dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media pembelajaran corong berhitung dengan peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan siswa kelas I autis di SLB AUTIS LAB UM. Saran dari penelitian ini peneliti mengharapkan ada penelitian selanjutnya tentang media pembelajaran materi perkalian mendasar untuk anak autis namun tidak hanya sebatas anak autis saja melainkan untuk anak berkebutuhan khusus lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193022

Actions (login required)

View Item View Item