Pelaksanaan pembelajaran vokasional tataboga siswa tunagrahita kelas IX di SLB C, Autis Negeri Kedungkandang Malang / Anis Ratnaduhita Fatih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran vokasional tataboga siswa tunagrahita kelas IX di SLB C, Autis Negeri Kedungkandang Malang / Anis Ratnaduhita Fatih

Fatih, Anis Ratnaduhita (2021) Pelaksanaan pembelajaran vokasional tataboga siswa tunagrahita kelas IX di SLB C, Autis Negeri Kedungkandang Malang / Anis Ratnaduhita Fatih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunagrahita merupakan individu dengan tingkat inteligensi yang signifikan berada dibawah rata-rata yang disertai terhambatnya penyesuaian sosial dan proses belajar. Kemampuannya dalam bidang akademik terbatas sehingga perlu dikembangkan dalam bidang kecakapan hidup (life skill) agar dapat hidup mandiri. Salah satu keterampilan kecakapan hidup tataboga yang berkaitan langsung kehidupan yaitu mengola makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pelaksanaan pembelajaran vokasional tataboga siswa tunagrahita di SLB C Autis Negeri Kedungkandang (2) Faktor pendukung terselenggaranya vokasional tata boga (3) Kendala yang timbul pada pelaksanaan pembelajaran vokasional tata boga dan (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Dimana penelitian ini mendeskripsikan secara rinci tentang pelaksanaan faktor pendukung kendala upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala pelaksanaan program vokasional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif hal ini dikarenakan untuk memahami secara mendalam bagaimana pelaksanaan program yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran vokasional tata boga di kelas IX SLB C Autis Negeri Kedungkandang sudah berjalan dengan baik (2) Faktor pendukung berupa fasilitas yang memadai dukungan dari orang tua yang baik dan kesiapan tenaga pendidik (3) Kendala yang timbul berupa kemampuan siswa yang beragam dan kurangnya konsentrasi pada siswa dan (4) Upaya sekolah dalam mengatasi kendala yang terjadi dengan pendisiplinan siswa dan penyesuaian materi untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192975

Actions (login required)

View Item View Item