Pengembangan media pembelajaran ular tangga kewarganegaraan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Laboratorium Malang / Lia Audina Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran ular tangga kewarganegaraan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Laboratorium Malang / Lia Audina Anggraini

Anggraini, Lia Audina (2020) Pengembangan media pembelajaran ular tangga kewarganegaraan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Laboratorium Malang / Lia Audina Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam mewujudkan pendidikan yang efektif dan bermakna perlu adanya inovasi media pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan belajar. Inovasi media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang dapat memicu peserta didik untuk produktif berpikir kritis serta terwujudnya suasana belajar yang optimal. Kemampuan berpikir kritis merupakan komponen fundamental yang harus dikuasai pada pembelajaran abad ke 21. Kemampuan berpikir kritis mencakup beberapa kemampuan mengakses menganalisis dan mensintesis informasi. Terdapat permasalaham yamg dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Laboratorium UM diperoleh fakta bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih sangat rendah. Peserta didik kelas VIII-B berjumlah 31 orang setelah ditest kemampuan berpikir kritis sejumlah 16 siswa tidak tuntas. Permasalahan tersebut timbul karena media pembelajaran kurang menarik sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi rendah. Penting adanya pengembangan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Oleh sebab itu peneliti melakukan kajian tentang Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kewaarganegaraan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Laboraturium Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dikomparasikan dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga Kewarganegaraan. Hal ini ditinjau berdasarkan hasil jawaban berdasarkan kartu soal yang diberikan ketika media belum digunakan dengan hasil jawaban berdasarkan kartu soal ketika media digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur (4-D). Prosedur pengembangan yaitu berpedoman pada langkah-langkah yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang telah termodifikasi sesuai dengan tahapan yang dilakukan peneliti dengan tidak melakukan tahapan diseminasi atau penyebaran terhadap media yang dikembangkan oleh peneliti. Peneliti melakukan tahapan diantarannya melakukan tahapan pendefinisian yang terdiri dari analisis awal analisis siwa analisis tugas analisis konsep dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Setelah itu dilakukan tahap perancangan yang terdiri dari penyusunan tes yang diberikan pemilihan media pemilihan format dan desain awal. Pada tahapan selanjutnya dilakukan pengembangan yakni melakukan validasi media pembelajaran dan validasi materi pembelajaran kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar/lapangan. Tahapan akhir adalah diseminasi akan tetapi tidak dilakukan mengingat keterbatasan waktu oleh pengembang. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan media valid atau layak digunakan kemenarikan media serta keefektifan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis untuk digunakan sebagai media untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar di kelas matapelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kevalidan atau kelayakan media diperoleh skor berdasarkan ahli media yaitu jumlah skor sebesar 97 5. Sedangkan dari ahli materi diperoleh jumlah skor 92 5 serta memperoleh jumlah skor 95 berdasarkan ahli materi pembelajaran mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kemenarikan media dapat dilihat berdasarkan angket respon peserta didik 90 dan guru yaitu sebesar 90. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis juga meningkat secara signifikan. Keterampilan berpikir kritis juga diuji dengan bantuan uji paired sample t test dimana hasilnya sig 0 00 lt 0 05. Hal ini mengindikasikan bahwa telah terdapat perubahan yang signifikan keterampilan berpikir kritis pra dan pasca penggunakan produk media pembelajaran yang dikembangkan. Produk pengembangan juga memperoleh beberapa masukkan saran guna menambah tingkat kevalidan dan keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192451

Actions (login required)

View Item View Item