Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (studi eksperimen pada pembelajaran ppkn kelas ix smp sunan kalijogo, jabung, malang) / Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (studi eksperimen pada pembelajaran ppkn kelas ix smp sunan kalijogo, jabung, malang) / Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin

Mukhlisotin, Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin (2021) Pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (studi eksperimen pada pembelajaran ppkn kelas ix smp sunan kalijogo, jabung, malang) / Faridhotul Alfiyah Mukhlisotin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang penting pada abad XXI. PPKn yang memiliki peran penting pada pendidikan di Indonesia perlu mengakomodasi kemampuan berpikir kritis dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini yakni (1) memaparkan penerapan model pembelajaran Project Citizen pada kelas IX SMP Sunan Kalijogo Jabung Malang (2) menguji pengaruh model pembelajaran Project Citizen dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian yang dilaksanakan mengambil jenis penelitian ldquo Quasi Experimental rdquo . Desain eksperimen yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah ldquo pretest dan posttest control group design rdquo . Data dikumpulkan dari hasil pretest dan posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol menggunakan tes berpikir kritis berbentuk butir soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji-t. Penelitian dilaksanakan di kelas IX SMP Sunan Kalijogo Jabung Malang pada bulan Maret tahun ajaran 2019/2020. Adapun Kompetensi Dasar yang digunakan yaitu pada KD 3.6 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilaksanakan ditemui tiga kesimpulan. Pertama pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata dari pretest 50 17 ke post test 83 17. Kedua pada kelas kontrol terdapat peningkatan nilai rata-rata pretest 52 67 menjadi 69 83. Ketiga rata-rata N-Gain Score (%) kelas eksperimen adalah 65 34% sehingga penggunaan model pembelajaran Project Citizen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikategorikan cukup efektif. Berdasarkan hasil analisis data temuan penelitian ini adalah Pertama Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Citizen dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata- rata skor kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Project Citizen lebih tinggi dari skor kemampuan berpikir kritis siswa dengan model konvensional. Kedua Model pembelajaran Project Citizen berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan hasil uji-t kelas ekperimen dan kelas kontrol yang menunjukkan signifikasi kurang dari 0 05 yaitu 0 000 lt 0 05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192444

Actions (login required)

View Item View Item