Pengaruh partisipasi dan motivasi terhadap literasi ekonomi yang dimoderasi oleh kesiapan belajar selama pendidikan jarak jauh pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang / VERA FEBRIANI DEWI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh partisipasi dan motivasi terhadap literasi ekonomi yang dimoderasi oleh kesiapan belajar selama pendidikan jarak jauh pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang / VERA FEBRIANI DEWI

Dewi, Vera Febriani Dewi (2021) Pengaruh partisipasi dan motivasi terhadap literasi ekonomi yang dimoderasi oleh kesiapan belajar selama pendidikan jarak jauh pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang / VERA FEBRIANI DEWI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi Vera Febriani. 2021. Pengaruh Partisipasi Dan Motivasi Terhadap Literasi Ekonomi yang Dimoderasi Oleh Kesiapan Belajar Selama Pendidikan Jarak Jauh Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Sunaryanto M.Ed. Pembimbing II Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci kesiapan belajar motivasi partisipasi pemahaman belajar pendidikan jarak jauh Penerapan pendidikan jarak jauh di Universitas Negeri Malang sudah berjalan beberapa semester selama terjadinya pandemi walau dalam proses pelaksanaannya pendidikan jarak jauh tetap mengadopsi proses-proses kegiatan secara konvensional tetapi hal ini menimbulkan pengalaman belajar yang berbeda bagi setiap mahasiswa. Sebab untuk mencapai keberhasilan mahasiswa dalam pengimplementasian pendidikan jarak jauh tentu saja sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor belajar. Dimana dari berbagai faktor belajar ini nantinya juga akan mempengaruhi seberapa besar mahasiswa dapat memahami pembelajaran yang ada serta sejauh mana kesiapan belajar partisipasi dan motivasi dalam belajar mengambil peran dalam pemahaman mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanasi yang akan mengkaji hubungan sebab akibat antara variabel-variabel independent terhadap variabel dependent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi dan motivasi terhadap pemahaman pembelajaran ekonomi mahasiswa selama pendidikan jarak jauh dengan kesiapan belajar sebagai variabel moderating. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 142 responden yang terdiri dari seluruh mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2020. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dimana dari perhitungan tersebut didapatkan hasil yaitu sejumlah 104 responden sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuisioner yang berhubungan dengan masing-masing variable. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi uji pra-syarat analisis dan uji hipotesis. Uji pra-syarat analisis yang digunakan diantaranya uji normalitas heteroskedatisitas dan multikolinieritas. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan Uji Moderated Regression Analysis (MRA) dan untuk pengambilan keputusan hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R Square) dan uji parsial (Uji t). Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kesiapan belajar tidak hanya dapat menjadi variabel moderasi yang dapat memberikan pengaruh untuk memperkuat atau memperlemah pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependent saja akan tetapi variabel kesiapan belajar juga dapat menjadi variabel independent yang dapat berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Berdasarkan hal tersebut dapat kita buktikan juga bahwa variabel kesiapan belajar termasuk dalam variabel quasi moderator. Karena dengan kondisi pelaksanaan pembelajaran dengan sistem pendidikan jarak jauh ini tentunya kesiapan belajar dari setiap mahasiswa tentunya memainkan hal yang penting sebab berubahnya kondisi pembelajaran dapat merubah proses pemahaman mereka. Selain itu untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang dijadikan sebagai variabel moderasi secara lebih spesifik dan sesuai dengan karakter subjek penelitian. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan kombinasi metode pengumpulan data secara lebih dalam seperti wawancara maupun observasi. Kombinasi ini nantinya akan semakin menambah keakuratan dari hasil penelitian yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192440

Actions (login required)

View Item View Item