Perngaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi / Achdiana Zahrotul Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perngaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi / Achdiana Zahrotul Afifah

Afifah, Achdiana Zahrotul (2017) Perngaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi / Achdiana Zahrotul Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afifah Achdiana Zahrotul. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing konvensional prestasi belajar fisika Pada kurikulum K-13 revisi 2016 dijelaskan bahwa pembelajaran berorientasi pada siswa bukan lagi pada guru (teacher centered). Siswa dituntut untuk membangun pengetahuannya sendiri sedangkan fungsi guru sebagai fasilitator. Pembelajaran yang baik terjadi dalam dua arah yaitu interaksi timbal balik yang melibatkan guru dan siswa. Kondisi ini bertolak belakang dengan pembelajaran di lapangan yang belum sepenuhnya melaksanakan tuntutan Kurikulum 2013 revisi. Siswa seringkali tidak dilibatkan dalam melakukan penyelidikan. Pembelajaran yang seperti itu dapat berakibat pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan adalah dengan menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry). Pembelajaran inkuiri terbimbing diawali dari permasalahan yang diajukan pendidik yang tidak bisa dijelaskan dengan mudah atau tidak bisa dijelaskan dengan cepat. Kemudian siswa melakukan pengamatan sampai pada kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap prestasi belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Prestasi belajar siswa diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov Z dan uji homogenitas menggunakan Uji F. Selanjutnya dilakukan uji kesamaan keadaan awal dan uji hipotesis menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t prestasi belajar didapat thit 8 69 2 3 (ttabel) menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 85 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 67. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada pendidik untuk menerapkan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada pembelajaran fisika khususnya materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item View Item