Amalia, Riska Alifah (2021) Pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap niat perilaku untuk menggunakan sipejar pada mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2020 / Riska Alifah Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SIPEJAR atau Sistem Pengelolaan Pembelajaran merupakan e-learning resmi yang diterapkan Universitas Negeri Malang dalam mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Dalam penerapannya pada mahasiswa baru SIPEJAR merupakan sistem yang dianggap baru. Hal ini dikarenakan mahasiswa baru berada pada masa transisi dari sekolah menegah dan belum terlalu mengenal sistem e-learning dalam pembelajarannya sehingga perlu diketahui kecenderungannya terhadap penggunaan SIPEJAR. Kecenderungan atau niat perilaku tersebut dapat dipengaruhi oleh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk meganalisis niat perilaku mahasiswa untuk menggunakan SIPEJAR yang dipengaruhi oleh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan. Pengujian dilakukan dengan mengukur pengaruh persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap niat perilaku untuk menggunakan SIPEJAR baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2020 yang diambil menggunakan proportional sampling sejumlah 104 mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari dari hasil jawaban kuesioner oleh Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku mahasiswa untuk menggunakan SIPEJAR baik secara parsial maupun secara simultan. Lebih lanjut berdasarkan hasil perhitungan sumbangan efektif diperoleh bahwa persepsi kemanfaatan memberikan pengaruh lebih besar dibanding persepsi kemudahan yaitu sebesar 37 3% dari 54 6% total pengaruh yang diberikan oleh kedua variabel. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk Universitas Negeri Malang dalam mengembangan SIPEJAR serta dapat mendorong dosen dan mahasiswa untuk menggunakan dan memanfaatkan SIPEJAR dalam kegiatan perkuliahannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/186302 |
Actions (login required)
View Item |