Pengembangan model penilaian formatif dengan metode kuis online untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor siswa SMA / Medy Prabasunu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model penilaian formatif dengan metode kuis online untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor siswa SMA / Medy Prabasunu

Prabasunu, Medy (2013) Pengembangan model penilaian formatif dengan metode kuis online untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor siswa SMA / Medy Prabasunu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prabasunu Medy. 2013. Pengembangan Model Penilaian Formatif Dengan Metode Kuis Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kalor Siswa SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sugiyanto S. Pd M. Si (2) Dr. Sentot Kusairi M. Si Kata Kunci penilaian formatif kuis Online jejaring sosial facebook kalor Penilaian formatif merupakan penilaian yang melibatkan siswa aktif dan memberikan balikkan yang ditujukan kepada siswa sehingga siswa mengetahui dimana letak kekurangan mereka dan memberikan siswa semangat untuk belajar dalam setiap sub materi. Penilaian formatif ini menggunakan metode kuis online dengan bantuan jejaring sosial facebook. Tujuan digunakannya jejaring social facebook adalah agar siswa tertarik untuk belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dan mempermudah proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar dengan menggunakan jejaring sosial facebook guru memegang peranan penting dalam pemahaman konsep fisika siswa dan penggunaan produk karena model penilaian formatif dengan metode kuis online ini guru harus mengunggah soal mengunduh dan mengkoreksi soal yang telah dikerjakan siswa Siswa mendapatkan balikkan dari guru setelah semua soal dikoreksi oleh guru dan diunggah kembali ke dalam jejaring sosial facebook. Produk dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang disederhanakan lagi sesuai dengan prosedur penelitian yang dilakukan yaitu (1) studi pendahuluan (2) perancangan draf produk (3) pengembangan draf produk (4) validasi dan (5) uji coba terbatas. Kelayakan produk ditunjukan oleh hasil penilaian (validitas) ahli media dan ahli materi yang meliputi ranah konstruksi ranah materi dan ranah bahasa. Selain itu tanggapan dari guru dan siswa selama uji coba juga dijadikan ukuran kelayakan produk ini untuk dinilai. Produk pengembangan dinilai layak oleh ahli materi dan ahli media dengan rerata validitas sebesar 87 5%. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa guru menilai produk ini layak digunakan dalam pembelajaran. Siswa juga menyatakan bahwa produk ini mudah untuk digunakan dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18496

Actions (login required)

View Item View Item