Profil kemampuan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Malang dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran fisika di SMP / Mochammad Ifan Bahar - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kemampuan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Malang dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran fisika di SMP / Mochammad Ifan Bahar

Bahar, Mochammad Ifan (2013) Profil kemampuan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Malang dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran fisika di SMP / Mochammad Ifan Bahar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahar M. I. 2013. Profil Kemampuan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Malang dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Fisika di SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dra. Chusnana Insyaf Yogihati M.Si. Kata kunci perencanaaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran mahasiswa PPL 12288 12288 12288 12288 Universitas Negeri Malang (UM) merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan menyiapkan calon guru yang profesional di bidang keahliannya. Untuk menyiapkan calon guru fisika Program Studi Pendidikan Fisika UM memberikan pembekalan secara teoritis dan praktis. Pembekalan secara teoritis diberikan kepada mahasiswa melalui kegiatan perkuliahan di kampus dan pembekalan praktis dilakukan melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Ketika mengajar di sekolah praktik mahasiswa jurusan fisika masih banyak mengalami masalah salah satunya yaitu kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Negoro (2009) yang dilakukan terhadap mahasiswa PPL jurusan PKn ditemukan persentase kesulitan mahasiswa PPL sebesar 56 67% dalam menyusun program tahunan 53 3% dalam menyusun program semester dan 53 33% dalam menyusun RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan mahasiswa PPL dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran (2) kesulitan yang dialami mahasiswa ketika PPL (3) kesesuaian matakuliah yang diajarkan di kampus terhadap pelaksanaan PPL dan (4) respons guru pamong terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa PPL. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui angket wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan temuan dengan cara membandingkan data temuan yang diperoleh melalui sumber-sumber yang berbeda yakni angket wawancara dan observasi. Subjek penelitian yaitu 24 mahasiswa PPL 6 guru pamong dan 6 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 38% mahasiswa PPL mengalami kesulitan dalam menyusun program tahunan dan program semester 13% mahasiswa PPL mengalami kesulitan dalam menyusun silabus dan 21% mahasiswa PPL mengalami kesulitan dalam menyusun RPP. Dalam melaksanakan pembelajaran kemampuan mengelola kelas dan penggunaan media pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Terkait pembekalan materi matakuliah Fisika Dasar dan Mekanika masih kurang efektif dalam membantu pemahaman konsep mahasiswa PPL. Guru pamong di sekolah praktik menyatakan bahwa mahasiswa PPL sudah cukup baik dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi namun penguasaan materi pengelolaan kelas dan pengelolaan waktu masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18493

Actions (login required)

View Item View Item