Januarita, Cipti (2013) Pengembangan bahan ajar fisika dengan pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM) dalam pokok bahasan energi dan momentum / Cipti Januarita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Januarita Cipti. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat (STM) dalam Pokok Bahasan Energi dan Momentum. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Drs. Yudyanto M.Si Kata Kunci pengembangan bahan ajar energi momentum STM Bahan ajar merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membantu guru maupun siswa dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) menampilkan dimana antara sains teknologi dan masyarakat terdapat kaitan yang erat. Dengan menampilkan permasalahan-permasalahan sains dan teknologi dalam masyarakat diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar disamping memperluas wawasan peserta didik. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa isi bahan ajar yang digunakan siswa belum mengantarkan siswa untuk mengetahui perkembangan teknologi dalam kehidupan masyarakat sehingga siswa belum dapat memahami implementasi konsep-konsep sains yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari.Bahan ajar ini secara rinci memuat konsep fakta teori prinsip hukum perkembangan teknologi serta kegunaan atau manfaat dalam mempelajari hal-hal tersebut. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan produk berupa bahan ajar fisika dengan pendekatan STM dalam pokok bahasan energi dan momentum serta mengetahui kelayakannya. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini menggunakan Research and Development dan dilakukan sampai tahap ke enam. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini divalidasi isi oleh dua dosen jurusan Fisika Universitas Negeri Malang dan 2 orang guru fisika SMA Negeri 6 Malang. Uji coba terbatas dilakukan oleh 19 siswa kelas XI-IPA1 SMA Al-Hikmah Muncar Banyuwangi. Jenis data pada penelitian pengembangan ini berupa data kuantitatif dengan perhitungan persentase dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket/kuisioner yang terdiri dari 3 angket yakni angket observasi awal angket uji kelayakan dan angket uji coba terbatas pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data persentase. Hasil uji kelayakan bahan ajar untuk siswa dinilai layak dengan presentase rata-rata kelayakan isi kebahasaan dan penyajian secara berturut-turut sebesar 93 1% 91 07% dan 89 58%. Panduan perangkat untuk guru dinilai layak dengan kelayakan isi sebesar 97 81% kelayakan kebahasaan sebesar 87 5% dan kelayakan penyajian sebesar 100%. Hasil uji coba terbatas pada siswa memperoleh rata-rata 85 72%. Dalam bahan ajar ini dilengkapi dengan poin-poin yang menunjukkan sains teknologi masyarakat sehingga siswa lebih memahami kaitan antara sains teknologi dan masyarakat.Bahan ajar fisika dengan pendekatan STM perlu dikembangkan sampai tahap selanjutnya (diseminasi dan distribusi).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18485 |
Actions (login required)
View Item |