Cahyono, Didik (2013) Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen / Didik Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Cahyono Didik. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) kemampuan berpikir kritis hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen diperoleh informasi bahwa pembelajaran fisika yang dilaksanakan masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kurang antusias dalam pembelajaran fisika akibatnya kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen (2) bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan (3) bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang dengan subjek penelitian siswa kelas X-7. Data penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang terdiri atas aspek kognitif sikomotor dan afektif. Data dianalisis dengan mereduksi dan mempersentase data. Tahap terakhir adalah tahap refleksi untuk menentukan lanjut atau tidaknya penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data pada siklus I dan II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terlaksana dengan baik serta kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Turen mengalami peningkatan. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 83 13% dan pada siklus II sebesar 90 00% dengan peningkatan sebesar 6 87%. Kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 50 45 dan pada siklus II sebesar 71 12 dengan peningkatan sebesar 20 67. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif diperoleh rata-rata nilai sebelum tindakan yaitu 74 64 pada siklus I yaitu 75 45 dengan peningkatan sebesar 0 81 dan pada siklus II yaitu 81 97 dengan peningkatan sebesar 6 25. Hasil belajar siswa pada aspek psikomotor diperoleh rata-rata nilai pada siklus I yaitu 67 71 dan pada siklus II yaitu 85 38 dengan peningkatan sebesar 17 67. Hasil belajar siswa pada aspek afektif diperoleh rata-rata nilai pada siklus I yaitu 77 04 dan pada siklus II yaitu 85 23 dengan peningkatan sebesar 8 19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18482 |
Actions (login required)
View Item |