Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika siswa kelas 8 E SMP Negeri 2 Malang / Larasati Tiara Rahmaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika siswa kelas 8 E SMP Negeri 2 Malang / Larasati Tiara Rahmaningrum

Rahmaningrum, Larasati Tiara (2013) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika siswa kelas 8 E SMP Negeri 2 Malang / Larasati Tiara Rahmaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning keterampilan proses sains Berdasarkan hasil observasi awal di kelas 8 E SMP Negeri 2 Malang diperoleh informasi bahwa masih dilakukan pembelajaran yang berpusat pada guru. Metode eksperimen jarang diterapkan sehingga keterampilan proses sains siswa masih belum terlihat. Ini terlihat dari beberapa indikator keterampilan proses yang diukur yaitu mengamati merancang dan melakukan percobaan mengukur mengkomunikasikan dan menyimpulkan masih rendah oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari perencanaan tindakan dan analisis serta refleksi. Tindakan pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di kelas 8 E SMP Negeri 2 Malang. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL dan keterampilan proses sains siswa yang diambil dari hasil observasi sebelum maupun sesudah penelitian dilakukan. Hasil penelitian dan analisa data menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Pada siklus I pertemuan I persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 53% dan 63% pada pertemuan II. Jika diambil rata-rata maka didapat persentase keterampilan proses sains sebesar 58%. Pada siklus II pertemuan I persentase keterampilan proses sains sebesar 81 4% dan pada pertemuan II sebesar 85 6%. Jika diambil rata-rata maka didapat persentase sebesar 83 5%. Ini berarti keterampilan proses sains siswa meningkat sebesar 25 5%. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika siswa kelas 8 E SMP Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18474

Actions (login required)

View Item View Item