Annur, Ulya Dewi (2013) Upaya peningkatan keterampilan proses sains dan presentasi belajar siswa SMP Negeri 21 Malang malalui implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kalor / Ulya Dewi Annur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Annur Ulya Dewi. 2013. Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 21 Malang melalui Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.H. Wartono M.Pd (II) Drs. Mudjihartono. Kata Kunci Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Prestasi Belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas 7-4 SMP Negeri 21 Malang diperoleh hasil bahwa siswa pasif dalam pembelajaran prestasi belajar siswa juga rendah yaitu hanya 68% siswa yang tuntas KKM. Kegiatan praktikum tidak pernah dilakukan selama pembelajaran fisika padahal alat yang tersedia di laboratorium cukup memadai.Tidak adanya kegiatan praktikum menyebabkan pengalaman belajar siswa dan keterampilan proses siswa tidak berkembang akibatnya prestasi belajarnya rendah. Metode yang sering digunakan guru fisika di kelas 7-4 adalah ceramah dengan diselingi dengan latihan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas 7-4 SMP Negeri 21 Malang melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang ter-diri dari 2 siklus. Data penelitian ini adalah keterlaksanaan pem bel ajaran pening-katan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan pembe-lajaran dan keterampilan proses sains dan soal tes untuk melihat prestasi belajar siswa selama melaksanakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Intrumen pembela-jaran berupa RPP LKS dan soal evaluasi. Data dianalisis dengan memfokuskan data dan mempersentase data. Tahap terakhir adalah tahap refleksi untuk menen-tukan lanjut atau tidaknya penelitian. Penelitian dihentikan jika keterlaksanaan pembe-lajaran keterampilan process sains dan prestasi belajar mencapai 80%. Hasil analisis data pada siklus I dan II menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan persentase 74 32% pada siklus I dan mengningkat menjadi 90 36% pada siklus II. Keterampilan proses sains meningkat dari 72 72% pada siklus I dan menjadi 87 26% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada rata-rata prestasi belajar siswa yaitu dari 68 4 sebelum tindakan menjadi 76 34 pada siklus I dan 84 04 pada siklus II. Kentun-tasan belajar siswa juga meningkat yaitu 68% sebelum tindakan menjadi 75% pada siklus I dan 86 36% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas 7-4 SMP Negeri 21 Malang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18456 |
Actions (login required)
View Item |