Pengembangan bahan ajar mandiri berbasis multimedia pokok bahasan gelombang elektromagnetik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X / Cahya Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mandiri berbasis multimedia pokok bahasan gelombang elektromagnetik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X / Cahya Prasetya

Prasetya, Cahya (2013) Pengembangan bahan ajar mandiri berbasis multimedia pokok bahasan gelombang elektromagnetik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X / Cahya Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Multimedia Pemahaman Konsep Gelombang Elektro-magnetik. Implementasi kurikulum KTSP memberikan ruang yang bebas terhadap guru dan sekolah untuk mengembangkan pembelajaran termasuk bahan ajar. Ba-han ajar berbasis TIK jarang sekali digunakan oleh guru dan sekolah (Direktorat Pembinaan SMA 2010 25). Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang didapatkan bahwa penggunaan ba-han ajar multimedia berdampak pada pemahaman konsep. Bahan ajar multimedia ini juga dapat menjelaskan hal-hal yang abstrak yang tidak dapat dijelaskan oleh guru secara langsung. Gelombang elektromagnetik adalah salah satu contoh materi yang abstrak dan disepelekan oleh guru. Padahal materi ini juga berperan penting dalam ketuntasan kompetensi belajar siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan dan menge-tahui kelayakan bahan ajar mandiri berbasis multimedia pokok bahasan gelombang elektromagnetik pada siswa SMA kelas X. Produk akhir dikemas dalam bentuk CD pembelajaran yang terdiri dari materi gambar animasi background music dan soal evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan Borg and Gall yang hanya diambil hingga langkah kelima yaitu revisi hasil uji coba. Langkah-langkah tersebut dimodifikasi menjadi tiga langkah pokok yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan uji coba produk. Pengambilan data uji coba dilakukan menggunakan instrumen berupa ang-ket kepada ahli materi ahli media dan pengguna (siswa). Berdasarkan hasil anali-sis data diketahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan sebesar 87 5% menurut ahli materi sebesar 72 5% menurut ahli media dan sebesar 85% menurut pengguna. Bahan ajar yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan da-pat diujicobakan lebih lanjut untuk mengetahui kelayakannya ketika digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18438

Actions (login required)

View Item View Item