Pembelajaran dengan pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada matapelajaran IPS/fisika kelas VII-F SMP Negeri 20 Malang / M. Imron Rosyad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada matapelajaran IPS/fisika kelas VII-F SMP Negeri 20 Malang / M. Imron Rosyad

Rosyid, M. Imron (2013) Pembelajaran dengan pencapaian konsep untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada matapelajaran IPS/fisika kelas VII-F SMP Negeri 20 Malang / M. Imron Rosyad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pencapaian Konsep Kemampuan Bertanya Kemampuan bertanya IPA / Fisika siswa kelas VII-F SMP N 20 Malang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan model pencapaian konsep. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada matapelajaran IPA / Fisika kelas VII-F SMP N 20 Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap-tahap penelitian tindakan berupa siklus yang meliputi kegiatan 1) perencanaan 2) pemberian tindakan 3) observasi dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus di kelas VII-F SMP N 20 Malang yang terdiri dari 36 siswa dengan materi suhu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan bertanya siswa. Kemampuan bertanya diukur berdasarkan jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan dan skor pertanyaan skor pertanyaan terdiri dari aspek kualitas bahasa dan relevansi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif (berupa kata atau kalimat). Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan bertanya siswa kelas VII-F SMP N 20 Malang setelah diterapkan model pembelajaran dengan model pencapaian konsep. Persentase siswa yang bertanya pada observasi awal sebesar 11 1% meningkat menjadi 25% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 27 7% pada siklus II. Persentase skor pertanyaan siklus I sebesar 78 7% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 79 2%. Maka dalam penelitian ini dapat simpulkan bahwa pembelajaran dengan pencapaian konsep dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada matapelajaran IPA / Fisika kelas VII-F SMP N 20 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item View Item