Efektivitas model pembelajaran lc 5e berbasis Multiple Representation dengan strategi cognitive Dissonance sebagai upaya meminimalisir miskonsepsi materi larutan Asam Basa / KKhoirul Inayari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran lc 5e berbasis Multiple Representation dengan strategi cognitive Dissonance sebagai upaya meminimalisir miskonsepsi materi larutan Asam Basa / KKhoirul Inayari

Inayati, Khoirul (2021) Efektivitas model pembelajaran lc 5e berbasis Multiple Representation dengan strategi cognitive Dissonance sebagai upaya meminimalisir miskonsepsi materi larutan Asam Basa / KKhoirul Inayari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dalam skripsi dilatarbelakangi dengan banyaknya peserta didik yang mengalami miskonsepsi dan memiliki pemahaman konsep yang rendah terutama dalam ilmu kimia. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik pada kelas yang menerapkan model LC 5E-MRCD dan kelas yang menerapkan model LC 5E serta mengetahui tingkat miskonsepsi peserta didik pada kelas yang menerapkan model LC 5E-MRCD dan kelas yang menerapkan model LC 5E. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu atau quasi experimental dengan desain one group pretest and posttest design. Populasi yang dipilih yaitu seluruh peserta didik di SMA Negeri 2 Malang dan dua kelas menjadi sampel penelitian. Instrumen perlakuan untuk kelas eksperimen meliputi silabus RPP dan LKPD dengan model LC 5E - MRCD dan kelas kontrol meliputi silabus RPP dan LKPD dengan model LC 5E. Instrumen pengukuran berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal test diagnostic three tier berjumlah 20 soal materi larutan asam basa hasil pengembangan Wildan (2018) untuk mengukur miskonsepsi dan pemahaman konsep siswa. Data kuantitatif diolah secara statistik menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman konsep kelas yang menerapkan model LC 5E-MRCD lebih tinggi yakni sebesar 73% dan memiliki tingkat miskonsepsi lebih rendah yakni sebesar 23% dibandingkan kelas dengan model LC 5E yang memiliki tingkat pemahaman konsep sebesar 61% dan tingkat miskonsepsi sebesar 37%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183427

Actions (login required)

View Item View Item