Pengaruh pembelajaran berbasis Pogil terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Asam Basa / Augusto Daniel Setiadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis Pogil terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Asam Basa / Augusto Daniel Setiadi

Setiadi, Augusto Daniel (2021) Pengaruh pembelajaran berbasis Pogil terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Asam Basa / Augusto Daniel Setiadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar seringkali mempengaruhi hasil belajar siswa. Kurangnya motivasi dari lingkungan keluarga pendidikan serta motivasi dari dalam diri seseorang akan mempengaruhi proses belajar dan hasil belajarnya. Hasil penelitian mengenai deskripsi pemahaman konsep materi asam-basa siswa kelas 11 menunjukkan bahwa kurangnya motivasi belajar siswa mengakibatkan perolehan hasil belajar yang rendah. Karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Beberapa hasil penelitian lain menujukkan penggunaan model pembelajaran POGIL berhasil meningkatkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh pembelajaran berbasis POGIL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI materi asam basa. (2) Pengaruh pembelajaran berbasis POGIL terhadap motivasi belajar siswa kelas XI materi asam basa. (3) Korelasi hasil belajar kognitif dengan motivasi belajar siswa kelas XI materi asam basa. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan menggunakan model pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA MA Darut Taqwa tahun ajaran 2020/2021. Digunakan 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model POGIL diperoleh melalui observasi oleh observer. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes yang divalidasi dahulu oleh 2 orang guru. Sedangkan data motivasi belajar dikumpulkan melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji ANCOVA dan uji korelasi Kendall s Tau melalui SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh pembelajaran berbasis POGIL terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI materi asam basa dengan taraf signifikansi kurang dari 0 05. (2) Ada pengaruh pembelajaran berbasis POGIL terhadap motivasi belajar siswa kelas XI asam basa dengan taraf signifikansi kurang dari 0 05. (3) Terdapat korelasi rendah (r 0 305) antara hasil belajar kognitif dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183426

Actions (login required)

View Item View Item