Pengembangan bahan ajar berbasis brain Based Learning - Study History Sheet (shs) diperkaya Augmented Reality pada materi bentuk Molekul dan Kepolaran Molekul / Myrinda Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis brain Based Learning - Study History Sheet (shs) diperkaya Augmented Reality pada materi bentuk Molekul dan Kepolaran Molekul / Myrinda Maharani

Maharani, Myrinda (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis brain Based Learning - Study History Sheet (shs) diperkaya Augmented Reality pada materi bentuk Molekul dan Kepolaran Molekul / Myrinda Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bentuk molekul merupakan materi kimia yang bersifat abstrak yang seringkali dianggap sulit untuk dipelajari karena peserta didik kesulitan dalam memvisualisasikan bentuk molekul secara tiga dimensi sehingga diperlukan sebuah media interaktif yang dapat membantu pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menghasilkan bahan ajar berbasis brain based learning study history sheet (SHS) yang valid dan layak digunakan. Bahan ajar berbasis brain based learning-SHS diperkaya augmented reality didesain dengan menggunakan model 4D (Four D model) yang dikembangkan oleh oleh S. Thiagarajan et al. Model penelitian dan pengembangan 4-D memiliki empat tahap yaitu (1) define (pendefinisian) melakukan penyelidikan terkait syarat-syarat pembelajaran seperti permasalahan dalam pembelajaran bentuk molekul dan karakteristik peserta didik kelas (2) design (merancang) menyusun bahan ajar dan aplikasi Augmented Reality (3) develop (mengembangkan) melakukan uji validasi dan uji keterbacaan dan (4) disseminate (menyebarkan). Namun dalam penelitian hanya dilakukan hingga tahap ketiga yaitu develop (mengembangkan) karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak pada aspek penilaian konten konstruk bahasa aplikasi Augmented Reality dan kesesuaian bahan ajar dengan sintaks brain based learning. Berdasarkan perhitungan skor rata-rata kelima aspek tersebut bahan ajar yang diperkaya Augmented Reality memiliki persentase validasi sebesar 92% dan persentase uji keterbacaan sebesar 95 %. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar serta aplikasi Augmented Reality dapat digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran kimia terutama pada materi bentuk molekul dan kepolaran molekul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/183425

Actions (login required)

View Item View Item