Rahmat, Maulidi (2012) Penerapan pembelajaran fisika kerja laboratorium disertai peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-C semester I MAN I Malang / Maulidi Rahmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Fisika Kerja Laboratorium Peta konsep. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di MAN 1 Malang ditemukan bahwa ceramah merupakan metode yang paling sering digunakan guru selama proses pembelajaran fisika. Siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti hanya mencatat mengerjakan tugas. Siswa jarang sekali bertanya atau menyampaikan argumen. Siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal pretes dengan nilai rata-rata 70 3. Siswa kurang memperoleh pengalaman secara langsung karena jarang sekali diajak melakukan penyelidikan dalam eksperimen. Akibatnya prestasi belajar siswa seperti nilai ujian masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-C MAN 1 Malang tahun pelajaran 20011/2012 dengan penerapan pembelajaran fisika metode kerja laboratorium disertai peta konsep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan pembelajaran fisika kerja laboratorium disertai peta konsep. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus siklus pertama dilaksanakan dalam lima kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X-C MAN 1 Malang tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 33 siswa yaitu 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Materi yang digunakan adalah besaran satuan serta pengukuran dan hukum Newton. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa lembar keterlaksanaan metode kerja laboratorium disertai peta konsep dan catatan lapangan. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran fisika metode kerja laboratorium disertai peta konsep dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-C MAN 1 Malang. Prestasi belajar siswa pada siklus satu dengan nilai rata-rata 71 52 dan persentase siswa yang sudah memenuhi KKM menjadi 81 82% sedangkan pada siklus kedua dengan nilai rata-rata 80 30 dengan persentase siswa yang sudah memenuhi KKM sebesar 93 93%. Sehingga dikatakan penerapan metode tersebut telah mengalami peningkatan persentase yang sangat baik dari siklus pertama ke siklus kedua yakni sebesar 12 11%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Mar 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18336 |
Actions (login required)
View Item |