penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa mtsn 1 kota malang / senja aruni - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa mtsn 1 kota malang / senja aruni

Aruni, Senja Aruni (2021) penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa mtsn 1 kota malang / senja aruni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-I MTsN 1 Kota Malang karena model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dimana guru menjelaskan materi dan siswa mendengarkan. Selain itu dalam proses pembelajaran siswa tidak didorong untuk menemukan konsep sendiri sehingga kurang membangun pemahaman konsep siswa.Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan modelProblem Based Learningdengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa serta untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan modelProblem Based Learningdenganpendekatan saintifik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa MTsN 1 Kota Malang. Jenisipenelitian ini adalahipenelitian tindakan kelasidenganipendekatanikualitatif. Subjekipada penelitian iniiyaitu siswa kelasiVIII-I MTsNi1 Kota Malangitahuniajaran 2020/2021. Tahapan penelitian ini terdiri dariempat langkah diantaranya (1)perencanaan (2)pelaksanaan tindakan (3)observasi dan (4)refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranProblem Based Learningdengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Adapun tahapanmodelProblem Based Learningdengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa diantaranya(1)Orientasi siswa pada masalah (Tahap Mengamati) (2)Mengorganisasikan siswa untuk belajar (3)Membantu investivigasi individu dan kelompok (Tahap Menanya Tahap Mengumpulkan Informasi Tahap Mengasosiasi) (4)Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (Tahap Mengkomunikasikan) dan (5)Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181605

Actions (login required)

View Item View Item