Darojad, Rofiud Darojad (2021) analisis kesalahan siswa kelas x dalam menyelesaikan soal matematika tipe hots berdasarkan prosedur newman / rofiud darojad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan dapat mengetahui bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS berdasarkan prosedur newman serta faktor dan penyebab siswa melakukan kesalahan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas X SMA Negeri 1 Tenggarang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 6 orang. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang yang dibagi sesuai tingkatan kemampuan yaitu 2 siswa memiliki kemampuan tinggi 2 siswa memiliki kemampuan sedang dan 2 siswa memiliki kemampuan rendah yang selanjutnya dilakukan wawancara terkait kesalahan-kesalahan apa yang telah dilakukan setiap subjek pada saat menyelesaikan soal HOTS. Menurut data hasil penelitian diketahui bahwa semua subjek penelitian tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar. Beberapa kesalahan yang dilakukan subjek antara lain salah mentransformasi dari kalimat soal ke suatu bentuk geometri salah memproses penyelesaian. Penyebab dari kesalahan yang terjadi akibat kurang jelinya subjek saat menyelesaikan soal tersebut. Pentingnya penelitian ini berguna dalam menemukan dan mengerti bentuk-bentuk dan faktor-faktor kesalahan menyelesaikan soal HOTS serta memberikan solusi bagaimana dapat mengurangi kesalahan siswa saat menyelesaikan soal HOTS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/181592 |
Actions (login required)
View Item |