Devi, Farah Kusuma Devi (2021) pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis guided discovery learning (gdl) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi penyajian data kelas vii smp / farah kusuma devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk LKS yang valid praktis efektif dan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai perangkat pembelajaran siswa SMP kelas VII di SMP Negeri 3 Malang pada materi penyajian data. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 SMP Negeri 3 Malang semester genap yang terdiri dari 32 siswa. Pengembangan LKS menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL). Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga tahap yakni (1) tahap investigasi awal (2) tahap prototipe dan (3) tahap penilaian. Setelah melalui tiga tahap tersebut didapat bahwa produk yang dihasilkan dinyatakan valid praktis dan efektif dengan skor kevalidan RPP dan LKS yaitu 3 5 dan 3 46. Skor kepraktisan lembar observasi kegiatan guru yaitu 3 77 skor kepraktisan lembar observasi kegiatan siswa yaitu 3 63 skor kepraktisan angket respon siswa yaitu 3 59. Skor keefektifan dilihat dari hasil tes yang dikerjakan oleh siswa setelah menggunakan LKS dalam pembelajaran. Produk yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan prosentase 84 37% siswa yang tuntas dengan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 75. Selain itu kemampuan representasi matematis siswa memperoleh skor 80 43% dan memenuhi kriteria tinggi. Sehingga LKS yang dikembangkan dapat dinyatakan meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/181587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |