Muhamad Farid Assegaff (2021) pengembangan perangkat pembelajaran berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat siswa kelas vii / muhamad farid assegaff. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta alat evaluasi berupa soal tes pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga dan segiempat kelas VII yang valid praktis dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari analyze (analisa) design (perancangan) develop (pengembangan) implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Uji coba dilakukan pada 15 siswa kelas VII SMP Negeri 15 Malang. LKS dirancang menurut sintaks model guided inquiry serta hasil yang diperoleh setiap langkahnya meliputi (1)penyajian masalah yang diberikan kepada siswa agar bisa membuat kerangka berpikir berupa fakta-fakta untuk memecahkannya (2)merencanakan percobaan menghasilkan hipotesis jawaban siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memecahkan masalah (3)merancang percobaan menghasilkan jawaban berupa indikator pemecahan masalah memahami masalah (4)melakukan percobaan menghasilkan jawaban siswa berupa indikator pemecahan masalah perencanaan penyelesaian penyelesaian masalah sesuai rencana dan pemeriksaan kembali hasil yang didapat (5)mengumpulkan data menghasilkan kumpulan data terkait apa yang didapat dari percobaan yang dilakukan (6)membuat kesimpulan menghasilkan jawaban siswa berupa kesimpulan rumus umum bangun datar yang didapatkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dicapai. Hasil pengembangan menunjukkan RPP dan LKS dalam kriteria kevalidan yaitu valid dengan skor masing-masing adalah 3 41 dan 3 33. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa RPP dan LKS dalam kriteria kepraktisan yaitu praktis. Efektifitas perangkat pembelajaran terbukti efektif dimana kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat serta ketuntasan belajar siswa mencapai 93 3% dengan nilai rata-rata 89 4 yang artinya RPP dan LKS layak diterapkan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/181576 |
Actions (login required)
View Item |