Pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA Negeri 2 Madiun / Adetya Dewi Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA Negeri 2 Madiun / Adetya Dewi Wardani

Wardani, Adetya Dewi (2009) Pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA Negeri 2 Madiun / Adetya Dewi Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Adetya Dewi. 2008. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Madi-un. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Ma-tematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pem-bimbing (1) Drs. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A (2) Drs. Eddy Supramono Kata Kunci kemampuan berpikir kreatif kemampuan berpikir kritis prestasi belajar fisika. Berdasarkan hasil observasi lapangan pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Madiun belum mengarah pada pengembangan kemampuan berpikir kreatif dan kri-tis sehingga dapat mengakibatkan menurunnya prestasi belajar fisika. Hal ini masih merupakan kajian studi pendahuluan yang memerlukan pembuktian lebih lanjut se-hingga untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan berpikir kreatif dan kritis sis-wa mempengaruhi prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Madiun diadakanlah penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 233 orang pengambilan sampel meng-gunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 149 siswa yang dihitung dengan formula Slovin. Pengambilan data menggunakan tes berpikir kreatif tes berpikir kritis dan tes prestasi belajar fisika. Hasil uji validitas didapatkan butir valid variabel kemam-puan berpikir kreatif sebanyak 7 butir kemampuan berpikir kritis 15 butir dan pres-tasi belajar fisika 10 butir. Hasil uji reliabilitas pada skor uji coba didapatkan nilai Cronbach s Alpha variabel kemampuan berpikir kreatif sebesar 0 610 kemampuan berpikir kritis 0 884 dan prestasi belajar fisika 0 687. Hasil uji taraf kesukaran dida-patkan soal mudah sedang dan sukar sebanyak 1 butir 8 butir dan 6 butir. Hasil uji daya beda menunjukkan bahwa 12 butir dapat membedakan siswa pandai dan kurang pandai. Hubungan antar variabel dianalisis dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Sumbangan efektif dari kemampuan berpikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar fisika diketahui dari analisis regresi ganda setelah dilaku-kan uji normalitas linearitas dan homogenitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan mean kemampuan berpikir kreatif yaitu 14 75 atau 40 97% kemampuan berpikir kritis 20 76 atau 30 53% dan prestasi belajar 3 85 atau 32 08%. Variabel kemampuan berpikir kreatif dan kritis mempengaruhi variabel prestasi belajar secara signifikan ( 946 1 0 082 dan 946 2 0 062). Sumbangan relatif kemampuan berpikir kreatif dan kritis terhadap prestasi belajar fisika sebesar 49 14% dan 50 78% sedangkan sumbangan efektifnya sebesar 20 20% dan 20 87% sisanya yaitu 58 9% merupakan kontribusi variabel lain di luar penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Madiun masih rendah dan memerlukan pengembangan dan peningkatan lebih lanjut serta kemampuan berpi-kir kreatif dan kritis mempengaruhi secara signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Madiun. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18033

Actions (login required)

View Item View Item