Muktamaroh, Asna Istikmalatul (2021) Pengaruh universal Design for learning berbasis E- learning Games terhadap kemampuan berhitung siswa Tunagrhita kelas 2 SLB PSM Takeran Magetan / Asna Istikmalatul Muktamaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tunagrahita adalah anak yang memiliki indeks kecerdasan IQ 70 yang mengakibatkan kesulitan mengingat materi pelajaran terutama yang bersifat abstrak. Kemampuan berhitung tunagrahita dalam 1 kelas juga sangat beragam mengetahui kondisi demikian peneliti menawarkan solusi berupa desain pembelajaran universal design for learning berbasis e- learning games. Desain pembelajaran yang membantu pendidik untuk merancang pembelajaran efektif yang digunakan untuk peserta didik yang beragam. Pembelajaran dikaitkan dengan e- learning games yaitu pembelajaran berhitung yang didesain dengan permainan online yang bisa di buka oleh siswa guru dan orangtua kapanpun dan dimana pun Games ini menggunakan Universal Design for Learning yang dilengkapi dengan berbagai level kesulitan berhitung serta gambar dan suara yang dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas 2 SLB PSM Takeran Magetan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran Universal Design for Learning berbasis e- Learning games serta menganalisis pengaruh universal design for learning berbasis e-learning games terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas 2 SLB PSM Takeran Magetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest terdiri 5 siswa tunagrahita kelas 2 SLB PSM Takeran Magetan sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis yang berjumlah 15 soal. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Data yang dianalisis adalah nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh nilai T 0. Nilai kritis untuk uji wilcoxon 945 0 05 dan n 5 (Jumlah Sampel) dari daftar uji wilcoxon diperoleh T 1. Dari pernyataan tersebut dinyatakan bahwa H diterima dan H ditolak sebab T T sehingga 0 1. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Universal Design for Learning berbasis e- learninig games memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas 2 SLB PSM Takeran Magetan. Saran terkait penelitian yaitu dapat melanjutkan penelitian dengan kemampuan belajar yang berbeda jenjang pendidikan yang berbeda serta dapat melibatkan variabel lain seperti gaya belajar hasil belajar efisiensi afektif dan interpersonal siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179544 |
Actions (login required)
View Item |