Pratiwi, Adinda Ekky (2021) Peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak Autis kelas 1 SDLB Autis Laboratorium UM/ Adinda Ekky Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratiwi A. E. 2021. Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis Kelas 1 SDLB Autis Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd. (2) Eka Pramono Adi S.I.P. M.Si. Kata kunci Peran Orang Tua Kemandirian Autis Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan yang ditandai dengan ketidakmampuan menjalin suatu hubungan sosial dengan orang-orang lain disekitarnya. Anak autis juga memiliki gangguan pada fungsi eksekutifnya. Hal ini menyebabkan terhambatnya kemampuan dalam mengalihkan atensi dari satu kegiatan ke kegiatan lain serta kemampuan berinisiatif mengerjakan suatu hal. Dengan adanya gangguan tersebut menyebabkan anak autis sulit untuk melakukan sesuatu secara mandiri sehingga peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian terhadap anak autis sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak autis faktor yang menghambat orang tua dalam melakukan perannya serta mendeskripsikan tingkat kemandirian anak autis kelas 1 SDLB Autis Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari tiga orang yang merupakan ayah ibu serta pengasuh dari siswa T. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak autis meliputi orang tua sebagai pendidik pendukung fasilitator dan pemberi contoh. Peran-peran tersebut sudah dilakukan oleh orang tua dengan baik meskipun belum cukup maksimal. Hal ini dikarenakan adanya faktor yang menghambat yaitu keterbatasan waktu yang dimiliki karena adanya pekerjaan. Selanjutnya tingkat kemandirian pada siswa T menunjukkan hasil yang cukup baik. Hal tersebut terlihat dari masing-masing 10 aspek ada 4 aspek dalam kegiatan mandi dan 8 aspek pada kegiatan berpakaian yang siswa T sudah dapat melakukannya secara mandiri. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) dapat digunakan oleh orang tua maupun pengasuh dalam melakukan peran-perannya untuk mengembangkan kemandirian anak autis (2) dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian pengembangan mengenai peran orang tua untuk mengembangkan kemandirian anak autis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179542 |
Actions (login required)
View Item |