Divianty, Annisa Yasmien (2021) Hubungan pola asuh orang tua terhadap tingkat percaya diri siswa Sekolah Dasar Inklusi di kota Bontang / Annisa Yasmien Divianty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Percaya diri adalah aspek penting bagi seseorang begitu pula siswa yang berada dalam tahap perkembangan. Rasa percaya diri sangat dipengaruhi oleh lingkungan hidup pertama anak yaitu keluarga. Bimbingan orang tua dalam membantu anak dalam mengembangkan kemampuan dan potensi anak sangat besar. Peran orang tua dibutuhkan agar anak dapat berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hubungan pola asuh dengan percaya diri (2) mendeskripsikan hubungan pekerjaan orang tua dengan percaya diri (3) mendeskripsikan hubungan ekonomi dengan percaya diri (4) mendeskripsikan hubungan pendidikan orang tua dengan percaya diri (5) mengetahui hubungan jenis kelamin siswa dengan percaya diri (6) mendeskripsikan hubungan pola asuh pekerjaan ekonomi pendidikan dan jenis kelamin siswa secara bersama-sama dengan percaya diri siswa sekolah dasar inklusi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling siswa kelas V sebanyak 69 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan product moment dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis sebesar 82 6% dan tingkat percaya diri siswa berada pada kategori sedang dengan kepercayaan diri siswa disabilitas lebih tinggi daripada non disabilitas. Berdasar hasil uji hipotesis menunjukan (1)terdapat hubungan yang tidak signifikan antara pola asuh dan percaya diri rhitung lebih kecil dari rtabel (0 121
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179541 |
Actions (login required)
View Item |