Klarissa, Auliya Eril (2021) Pengaruh metode Jarimatika with Ring terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa Tunarungu kelas III di SLB BC Dharma wanita 03 Turen / Auliya Eril Klarissa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswa tunarungu merupakan siswa yang mengalami hambatan dalam pendengaran. Hambatan tersebut mengakibatkan siswa tunarungu kesulitan untuk berfikir abstrak. Sehingga seringkali siswa tunarungu mengalami kesulitan saat proses pembelajaran khususnya pada operasi hitung perkalian. Jarimatika with ring adalah teknik menghitung dengan mudah menggunakan jari-jari tangan dengan bantuan cincin. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu kelas III sebelum diterapkan metode jarimatika with ring (2) mendeskripsikan prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu kelas III sesudah diterapkan metode jarimatika with ring dan (3) mendeskripsikan pengaruh metode jarimatika with ring terhadap prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu kelas III. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah satu siswa tunarungu dengan slow learner kelas III di SLB BC Dharma Wanita 03 Turen. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes menghitung operasi hitung perkalian sampai hasil 50 sedangkan observasi yang digunakan adalah untuk mengetahui respon anak mengerjakan soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberikan intervensi prestasi belajar matematika memiliki mean level sebesar 31 8% sedangkan sesudah diberikan intervensi memiliki mean level sebesar 86 63% dan kondisi control memiliki mean level 86 67%. Prestasi belajar matematika siswa tunarungu kelas III berada pada kategori rendah sebelum diterapkan metode jarimatika with ring. Prestasi belajar matematika siswa tunarungu kelas III mengalami peningkatan ketika diterapkan metode jarimatika with ring. Metode jarimatika with ring berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas III. Saran untuk guru diharapkan bisa memilih metode yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam menghitung operasi hitung perkalian sampai hasil 50. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang sama dengan subjek yang berbeda untuk memperluas pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179540 |
Actions (login required)
View Item |