Aini, Muntaza Nur Aini (2021) Pengembangan desain pembelajaran bersama orang tua pada tema alat komunikasi berorientasi produk bernilai kearifan lokal di tk dalam konteks merdeka belajar di rumah / Muntaza Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pandemi covid 19 menjadikan aktivitas belajar terganggu. Sehingga pembelajaran harus dilakukan di rumah. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah TK lsquo Aisyiyah Bustanul Athfal pada tanggal 7 januari 2021 bahwa terdapat ketidaksiapan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Tuntunan pembelajaran daring yang kurang memberikan kemerdekaan belajar bagi anak untuk berkarya. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran daring menjadikan anak kurang mendekatkan dengan nilai kearifan lokal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengembangkan desain pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Desain pembelajaran yang bersifat luwes dalam memudahkan orang tua untuk mendampingi anak belajar di rumah. Desain pembelajaran yang memberikan kemerdekaan belajar kepada anak untuk menghasilkan karya serta mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal di daerah setempat. Produk desain pembelajaran berupa RPPH dan LKPD tema alat komunikasi. Pengembangan desain pembelajaran ini menggunakan model ADDIE yang meliputi Analyz (analisis) Design (desain) Develop (pengembangan) Implement (penerapan) dan Evaluate (evaluasi). Desain pembelajaran yang dikembangkan melalui tahapan validasi ahli pengguna dan di ujicobakan secara terbatas dan uji coba sekala besar. Pada hasil validasi dan uji coba didapatkan skor validasi ahli materi RPPH sebesar 91% dengan kategori sangat valid ahli materi LKPD sebesar 90% dengan kategori sangat valid ahli media 82% cukup valid. Validasi uji kepraktisan pengguna guru sebesar 84 dengan kategori valid uji coba kepraktisan pengguna orang tua skala terbatas 87 5% dengan kategori sangat valid dan uji coba pengguna orang tua skala besar yang berjumlah 89 5% dengan kategori sangat valid untuk digunakan. Pada uji coba keefektifan skala terbatas 83 3% dan skala besar peserta didik mendapatkan hasil 83 61% dengan katergori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk desain pembelajaran yang telah dikembangkan sangat valid praktis dan efektif. Pengembangan desain pembelajaran dapat digunakan menjadi salah satu alternatif selama pembeljaran di rumah dikarenakan desain pembelajaran ini bersifat luwes memberikan kemerdekaan belajar kepada anak serta mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal di daerah setempat. Peneliti selanjutnya dapat melakukan uji coba lapangan dengan subjek sekolahan yang lebih luas dan mengembakan tema yang lebih banyak seperti diri sendiri lingkungan alam semesta dll.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/179167 |
Actions (login required)
View Item |