Dampak pembelajaran kooperatif model stad terhadap kemampuan berinteraksi sosial dan prestasi belajar fisika pada semester genap bagi siswa kelas II-8 SMAN 2 Malang / oleh Yusnita Miranti - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak pembelajaran kooperatif model stad terhadap kemampuan berinteraksi sosial dan prestasi belajar fisika pada semester genap bagi siswa kelas II-8 SMAN 2 Malang / oleh Yusnita Miranti

Miranti, Yusnita (2005) Dampak pembelajaran kooperatif model stad terhadap kemampuan berinteraksi sosial dan prestasi belajar fisika pada semester genap bagi siswa kelas II-8 SMAN 2 Malang / oleh Yusnita Miranti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum siswa memandang pelajaran fisika sebagai pelajaran yang tidak menmik tidak menyenangkan bahkan menakutkan sehingga mengakibatkan daya serap siswa rendah terhadap mata pelajaran fisika. Hal ini disebabkan oleh guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga yang teqadi ada lah komunikasi satu arah. Terdapatb eberapap endekatany ang berorientaspi adak eterlibatans iswas ecara aktif untuk membangun sendiri pengetahwnnya. Salah sahrnya adalah pembelajarank ooperatifm odel STAD. Pembelajaranin i menekankanb ahwap engetahuan dan proses belajar dibangun oleh siswa berdasarkan sikap saling berinteraksi dan bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (l) meningkatkan prestasi belajar siswa pengalaman dan wawasan guru dengan manerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi unhrk tercapainya tujuan pembelajaran (2) mengembangkan kemirmpuanb erinteraksis osial siswa melalui kerja sama k eaktifan dalam kelompok mengemukakan pendapat menghargai pendapat orang lain dan bertanggung jawab (3) mengetahuhi al-hal yang menjadi permasalahand alam pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran kooperatifm odel STAD. Pembelajaranm odel STAD terdiri dari beberapa tahap pembelajaran yaitu tahap I presentasi kelas tahap Il studi kelompok tahap III pengetesant a hap IV penghargaanM. asing-masings iklus terdiri dari tiga tahap y aitu perencanaanti ndakan implementasid an observasi d an refleksi. Pada siklusI pretestd ilaksanakans ecaras erentakd i awal pelajaran d an posttesdt ilaksanakan secara serentak setelah penyampaian materi pelajaran untuk siklus I. Pada siklus II pretest dilaksanakan secara serentak di awal pelajaran dan posttest dilaksanakan secara s rentak setelah penyampaian matsri pelajaran tmtuk siklus II. Hasil penelitianm enunjukkanp eningkatanp restasib elajarp adaa spekk ognitif dari nllairata-rata5 2 50 dengans impanganb aku 11 18p adaS iklus I menjadi 62 22 dengans impanganb aku 1l 37 pada Siklus II dan persentasep eningkatannya 9 72 o/ . Aspek afektif kemampuan berinteraksi sosial juga mengalami kemajuan dengan adanya pedngkatan dari nilai nta-rata 147 24 pada Siklus I menjadi 197 30 padaS iklus II denganp ersentaspee ningkatan1 6 69 o/oD. engan demikiand apat dikatakan bahwa pembelajarank ooperatif model STAD mempunyai dampak yang baik dalam meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dan kerrampuanb erinteraksi sosial siswa walaupun pada pelaksanaafnryat erdapat hambatan-hambataHn.a mbatan tersebut adalah terbatasnya alokasi waktu dan diketahubi ahwa setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-bedas ehingga memulukanp enanganany ang berbeda-bedap ula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item