Cahyani, Rizka Putri (2020) Pengembangan media pembelajaran pop up book audiovisual tentang tata cara berwudhu untuk anak TK kelompok B / Rizka Putri Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cahyani Rizka Putri. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Audiovisual Tentang Tata Cara Berwudhu Untuk Anak TK Kelompok B. Skripsi Jurusan KSDP Pendididikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ahmad Samawi M.Hum (2) Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas S.Psi M.Pd Kata kunci Pop up book Audiovisual Tata Cara Berwudhu Anak TK Kelompok B Penggunaan media pembelajaran yang baik diyakini mampu menunjang enam aspek perkembangan anak. Bidang pengembangan moral dan nilai-nilai agama sangat penting ditanamkan sejak dini kepada anak karena berkenaan dengan pembentukan akhlak yang merupakan modal dalam kehidupan anak kelak. Dalam Permendikbud no. 137 tahun 2014 pasal 10 menyatakan bahwa tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun meliputi mengenal agama yang dianut mengerjakan ibadah dsb. Salah satu yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembiasaan pembelajaran tata cara berwudhu . Pengamatan peneliti dari beberapa sekolah media yang digunakan guru hanya berupa gambar dan miniature. Sehingga peneliti memandang perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis pop up book audiovisual tentang tata cara berwudhu untuk anak TK kelompok B. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk pop up book audiovisual yang efesien menarik dan juga efektif dalam mengajarkan cara berwudhu pada anak usia dini. Media pembelajaran pop up book yang di modifikasi dengan fitur audio ditujukan untuk memudahkan anak dalam mengerti tata cara berwudhu niat dan juga doa setelah berwudhu. Metode penelitian yang dipakai yaitu model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi a)tahap analisis (analysis) b) perencanaan (design) c) pengembangan (developmen) d)penerapan (implementasi) e)evaluasi (evaluation). Hasil penilaian kumulatif validasi ahli materi maupun ahli media menunjukkan presentase 83% yang berarti sangat valid demikian pula hasil penilaian dari ahli pengguna sebesar 92% yang berarti sangat praktis serta hasil dari penilaian capaian belajar anak sebesar 87% yang berarti sangat efektif. Hasil seluruh penilaian validasi media pembelajaran pop up book audiovisual tentang tata cara berwudhu pada anak TK Kelompok B menunjukkan presentase 92% yang artinya media ini sangat layak digunakan. Media pembelajaran pop up book audiovisual ini sangat layak digunakan namun hanya berisi materi tentang tata cara berwudhu saja media pembelajaran pop up book audiovisual tentang tata cara berwudhu dapat digunakan dimana saja namun harus didampingi oleh orangtua maupun guru dikarenakan berukuran besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 00:46 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/178983 |
Actions (login required)
View Item |