Pengembangan media si atar untuk menstimulasi kemampuan kognitif pada anak usia 4—5 tahun / HUSNA AZIZAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media si atar untuk menstimulasi kemampuan kognitif pada anak usia 4—5 tahun / HUSNA AZIZAH

Azizah, Husna Azizah (2021) Pengembangan media si atar untuk menstimulasi kemampuan kognitif pada anak usia 4—5 tahun / HUSNA AZIZAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat atau bahan yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada anak pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan survei yang dilakukan di 11 lemabaga PAUD di Kabupaten/Kota Malang dan Blitar menghasilkan sebanyak 11 lembaga menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran. Survei tersebut juga menghasilkan 11 lembaga yang menyatakan bahwa anak lebih tertarik menggunakan media berbasis IT dibandingkan media non-IT. Menggunakan teknologi Augmented Reality inilah media dapat lebih menarik untuk anak. Hal tersebut yang membuat peneliti ingin mengembangkan media ensiklopedia anak yang diberi nama Si ATAR (Ensiklopedia Anak dengan Teknologi Augmented Reality) Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media Si ATAR yang efektif untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 4 mdash 5 tahun. Kemampuan kognitif yang dikembangkan yaitu pada indikator mengenal dan mengklasifikasikan. Hal ini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) yang tercantum dalam Permendikbud No.137 Tahun 2014. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau RnD dengan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan adalah analisis desain development implementasi dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini yaitu anak usia 4 mdash 5 tahun di RA Perwanida Dandong. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dan lembar observasi. Angket digunakan untuk memperoleh data kualitatif berupa catatan dari ahli dan pengguna dan data kuantitatif berupa hasil validasi ahli materi media dan pengguna. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data kualitatif berupa catatan kemampuan kognitif anak usia 4 mdash 5 tahun di RA Perwanida Dandong saat uji coba produk media Si ATAR. Hasil dari penelitian pengembangan terdiri dari hasil validasi ahli materi ahli media dan pengguna. Setelah proses validasi dilakukanlah uji coba dengan hasil tingkat ketercapaian kognitif anak yang signifikan pada tiap tahap uji coba perseorangan kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan uji validasi dan uji coba tersebut maka dapat dinyatakan bahwa media Si ATAR dapat secara efektif menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 4 mdash 5 tahun. Selain itu media Si ATAR juga dapat secara efektif digunakan di kelas pada saat pembelajaran bersama guru ataupun di rumah bersama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178872

Actions (login required)

View Item View Item