Proses interaksi berpikir siswa pada pembelajaran berbasis masalah untuk materi kubus dan balok / Candra Anggraeni P.L. - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses interaksi berpikir siswa pada pembelajaran berbasis masalah untuk materi kubus dan balok / Candra Anggraeni P.L.

Linuwih, Candra Pakerti (2013) Proses interaksi berpikir siswa pada pembelajaran berbasis masalah untuk materi kubus dan balok / Candra Anggraeni P.L. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Linuwih Candra Anggraeni P. 2013. Proses Interaksi Berpikir Siswa pada Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Materi Kubus dan Balok. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si Kata kunci Proses Interaksi Berpikir Pembelajaran Berbasis Masalah Kegiatan pembelajaran yang merupakan bagian dari pendidikan terdapat proses interaksi berpikir siswa untuk melengkapi struktur kognitifnya sehingga memiliki keterhubungan antara konsep-konsep pengetahuan di dalamnya. Metode menghafal tanpa disertai pemahaman menyebabkan struktur kognitif siswa akan terpisah antara satu bagian dengan bagian yang lainnya sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran berbasis masalah adalah metode pembelajaran yang mengoptimalkan kegiatan interaksi siswa untuk melengkapi struktur kognitifnya. Oleh karena itu peneliti mengambil judul proses interaksi berpikir siswa pada pembelajaran berbasis masalah untuk materi kubus dan balok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII-E semester II di SMPN 3 Tanjunganom kabupaten Nganjuk dengan mengambil empat siswa sebagai subjek penelitian dengan karakteristik heterogen dalam kemampuan akademis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan terjadinya proses interaksi berpikir siswa dalam pembelajaran berbasis masalah kelas VIII-E semester II di di SMPN 3 Tanjunganom kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan diskusi dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah terjadi proses interaksi berpikir multiarah antara subjek penelitian pada saat melengkapi lembar kegiatan kelompok (LKK) dan pada saat subjek penelitian melaksanakan kegiatan diskusi. Subjek penelitian pertama (siswa kemampuan tinggi) cenderung menyumbangkan pendapat kepada teman diskusinya. Siswa yang berkemampuan sedang lebih banyak menerima bantuan dari teman diskusinya. Subjek penelitian keempat (siswa yang berkemampuan rendah) cenderung seimbang antara menerima dan memberikan pendapatnya. Perubahan struktur pengetahuan subjek penelitian menjadi lebih sesuai dengan struktur masalah yang diberikan setelah kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17341

Actions (login required)

View Item View Item