Penerapan pendekatan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu pada materi segi empat / Rizky Ayu Khalistin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu pada materi segi empat / Rizky Ayu Khalistin

Khalistin, Rizky Ayu (2013) Penerapan pendekatan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu pada materi segi empat / Rizky Ayu Khalistin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khalistin Rizky Ayu. 2013. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu pada Materi Segi Empat. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas MIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Pemahaman Siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran dimana siswa terlibat aktif dalam berpikir dan memperoleh persepsi suatu konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu konsep tersebut. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam berpikir dan memperoleh persepsi suatu konsep adalah pendekatan pembelajaran Open-Ended. Pendekatan Open-Ended tidak hanya menekankan pada jawaban akhir tetapi memberi kesempatan kepada siswa untuk secara aktif dan kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan tanpa adanya pembatasan jawaban benar dan cara penyelesaian tunggal. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Batu sebanyak 28 siswa. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan empat siswa dengan kemampuan heterogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKS Tes Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran dan Catatan Lapangan. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran sebagai berikut (1) guru memberi masalah kepada siswa (2) siswa mengeksplorasi masalah yang telah diberikan oleh guru (3) guru merekam respon siswa (4) pembahasan respon siswa (kelas) dan (5) siswa meringkas apa yang telah dipelajari dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu konsep. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas VII-A meningkat dari siklus 1 sebesar ke siklus 2 sebesar . Peningkatan juga dapat dilihat pada setiap indikator pemahaman konsep matematika dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebagai berikut (1) Menyatakan ulang sebuah konsep terdapat peningkatan sebesar (2) Mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) terdapat peningkatan sebesar (3) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika terdapat peningkatan sebesar (4) Mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep terdapat peningkatan sebesar (5) Menggunakan memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu tedapat peningkatan sebesar dan (6) Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah terdapat peningkatan sebesar . Selain itu ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebanyak nol siswa atau sebesar dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal meningkat pada siklus 2 yaitu sebanyak 23 siswa atau sebesar dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Penelitian ini masih terbatas pada penerapan pendekatan pembelajaran Open-Ended untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi segi empat. Oleh karena itu perlu dikembangkan penerapan pendekatan pembelajaran Open-Ended yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dan pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17339

Actions (login required)

View Item View Item