Zuhriyah, Zafifatuz (2002) Persepsi guru terhadap penambahan kurikulum taman kanak-kanak di Kecamatan Kedungkandang Malang <BR>oleh Zafifatuz Zuhriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK zuhriy ah zafrfain. 2002. Persepsi Gu ru Terhada p pena m ba han Ku rikulum Taman Kanak-kanak di Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseline dan Psikologi. Fakultas Ilmu pendidikan. universitas Neeeri-Malane. Pembimbing (l) Dr. Marthen pali M.psi (2)Drs. Adi nlmoto M.3i. Kata kunci persepsi Guru Penambahan Kurikulum Taman Kanak-kanak. Penambahanku rikulumT K terahb anyakd irakukand i raman Kanakkanak. Meskipun di rK telah dilakukan penambahank urikulum tetapi kegiatanpenambahaknu rikulum harust etapd isesuaiakand engank arakteristik anakr K. Tujuanp enambahaknu rikulum TK yaitu mempersiapkana nakd idik untuk pendrdikans elanjutnyau ntuk lebih siapm enghadapmi asad epand an untuk menghadapki emajuanI PTEK. Tu. uanp enelitiani ni adalahu ntuk mengetahu(i l)persepsig uru terhadap penambahank urikulurn TK (2)alasany ang mendasarip enambahank urikulurn TK (3)jenis penambahanku rikulum TK (a) keungguland an kekurangan penambahan kurikulum TK.Populasi penelitian ini adalah guru TK di Malang yang melakukanp enambahaknu rikulum TK. sampelb e umlah 6l guru.A lat pengumpuld ata berupaa ngket.P enggunaana ngket dapat mencakupk eseluruhan data yang dibutuhkan dalam waktu relatifsingkat. Data di anaiisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian d iambil persentastee rtinggi dari setiapa spek menunjukkanb ahwab anyakg uru (83 61%)m empersepsci ukup tepatt erhadap penambahanku rikulum TK Secarale bih rinci persepsgi uru pada ( a)aspek pengetahua(n7 3 78% b anyak)c ukup tepat ( b)aspeki nterpretas(i7 2 13% banyak)c ukupt epat (c)aspeke valuasi( 86 89o/o banyakc)u kup tepat. Penambahanku rikulumT K meliputi (l)Alasan penambahank urikulum TK menurut cukup banyak guru (65 2%o)karenatuntutano rang tua dan sangat banyakg uru( 91 80%)k arenab ertujuanu ntuk pendidikans elanjutnya( 2 )Jenis penambahanm enuruts angabt anyakg uru (91 80%)b erupab ahasain ggris d an sangatb anyak guru(93 44a1boe) rupai tientitasd rn (3) sangatb anyakg uru (91 80%)m enggunakanm etodes osiodrama( 4 ) sangatb anyakg uru (91 g0%) menggunakanm ediap apant ulis (5) sangatb anyakg uru (91 80yo)m enggunakan penilaianm elaluip engamatanK. eunggulanp enambahank urikulum TK menurut banyakg uru( 88 52o/oy) aaitua nakd idik tidak ketinggalanz aman s edangkan kekuranganm enurut cukup banyak guru (63 949loy) aitu perkembanganb ahasa bisa terganggulika anak didik salah dalam menyerap maten. Secarau mun dapatd rkemukakans aranb agi sekolahh endaknyam emilih penambahanku rikulum TK sesuaid engank arakteristika nakT K. Bagi guru kendaknya materi metode media yang digunakan dalam penambahan kurikulum TK disesuaikand engank arakteristika nakr K guru harusm engatasmi asarahmasalahk ekurangan-kekurangapne nambahanku nkulum TK sehingga penambahanku rikulum TK dapatd ilaksanakand enganb aik. Bagi orangt ua hendaknyam emilih TK yangs esuaid enganp sikologisa nak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2002 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2002 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/172284 |
Actions (login required)
View Item |